Home / Sport / Pemkab Rote Ndao tingkatkan produksi pertanian

Pemkab Rote Ndao tingkatkan produksi pertanian

Bagikan Halaman ini

Share Button

19

 

Moral-politik.com : Jika dalam Tahun Anggaran 2012 lalu tingkat produksi pertanian di Kabupaten Rote Ndao (RoNda) mengalami surplus. Tahun ini Pemkab Rote Ndao juga yakni bakal terjadi surplus produksi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao, Maks Ledoh kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (27/1/2014).

“Kalau beberapa tahun terakhir terjadi surplus produksi maka dalam TA.2014 ini juga diupayakan agar terjadi surplus,” katanya.

Hal itu, kata dia, sebab dalam beberapa tahun terakhir telah dilaksanakan sejumlah program untuk meningkatkan produksi pertanian seperti menggelontorkan anggaran untuk perluasan lahan.

Lebih lanjut dia mengatakan, pelaksanaan pengerjaan perluasan area persawahan milik warga tersebut selain dilakukan secara swakelola juga ada yang dilakukan oleh pihak ketiga.

“Pembukaan lahan baru ini ada yang dilakukan oleh pihak ketiga juga ada yang dilakukan secara swakelola oleh kelompok tani yang ada di desa. Pemerintah hanya memback up-nya dengan peralatan seperti Handtractor dan medium Tractor,” ujarnya.

Selain membuka lahan pertanian baru untuk masyarakat kata dia, Pemkab Rote Ndao juga memberikan bantuan keuangan pupuk kepada para petani yang ada di Kabupaten Rote Ndao.

Ditambahkannya, memasuki musim tanam tahun ini, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui Dinas Pertanian, Perkebunan  dan Kehutanan menyiapkan 700 ton pupuk untuk disalurkan ke petani.

“Jauh-jauh hari kami telah menyiapkan pupuk sebanyak 700 ton guna mengantisipasi musim tanam tahun ini, mulai dari bulan Januari sampai Bulan Maret,” katanya.
Ledoh menjelaskan, memasuki musim tanam bulan Januari hingga Maret 2014, pemerintah telah menyiapkan pupuk sebanyak 700 ton yang terdiri dari pupuk urea sebanyak 600 ton, dan SP sebanyak 100 ton.

“Pupuk sebanyak 700 ton ini dipersiapkan untuk pemupukan mulai saat ini hingga bulan maret nanti. Setelah memasuki bulan April akan diambil lagi pupuk di propinsi. Sebenarnya 700 ton pupuk tahap pertama ini untuk mengantisipasi cuaca buruk seperti sekarang ini,” katanya.

Baca Juga :  AC Milan Punya Jenderal Serba Bisa, Siapa?

Manurutnya, alokasi pupuk untuk Kabupaten Rote Ndao tahun ini sebanyak 2.500 ton sebagaimana telah ditetapkan berdasarkan SK Gubernur yang mengatur tentang kuota pupuk untuk masing-masing kabupaten di NTT tahun ini.
”Meski belum mendapatkan SK Gubernur namun sesuai informasi yang kami dapat dari Dinas Pertanian Propinsi bahwa kita di Rote mendapat alokasi 2.500 ton,” ujarnya.

Ditambahkannya, pupuk sebanyak 700 ton tersebut saat ini telah berada di Kabupaten Rote Ndao dan siap didistribusikan ke petani. “Curah hujan tahun ini masih aman dan lahan yang ada sudah siap untuk ditanami,” katanya. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button