Home / Sport / Terbukti bersalah, 2 terdakwa divonis 2,6 tahun

Terbukti bersalah, 2 terdakwa divonis 2,6 tahun

Bagikan Halaman ini

Share Button

33

 

 

Moral-politik.com : Marthinus Talaen dan Sail Lassa, terdakwa dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan gedung Sekolah Dasar (SD) Kobekaka Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), tahun anggaran 2010 pada Dinas PPO Kabupaten TTS, divonis oleh majelis hakim selama 2 tahun 6 bulan penjara di Pengadilan Tipikor Kupang, Selasa (7/1/2014).

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim kepada dua terdakwa tersebut karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tinda pidana korupsi dalam kasus proyek pembangunan gedung Sekolah Dasar (SD) Kobekaka Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), tahun anggaran 2010 pada Dinas PPO Kabupaten TTS.

Sidang dengan agenda pembacaan vonis itu dihadiri oleh  Jaksa Penuntut Umum (JPU) Lukman di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, yang dpimpin majelis hakim, I Nyoman Somanada.

Selain dovonis 2 tahun 6 bulan penjara, hakim  juga menyatakan bahwa kedua terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diatur dan diancam dalam pasal 2  juncto Pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999 yang telah dirubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (PTPK) juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Menurut  hakim, kedua terdakwa diwajibkan membayar denda sebesar Rp 50 juta dengan catatan jika kedua terdakwa tidak dapat membayar denda tersebut selambat-lambat satu bulan setelah keputusan majelis hakim berkekuatan tetap, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 3 bulan.

Dalam sidang juga, kata hakim, keduanya juga wajib membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 34 juta.

Ditegaskan hakim,  jika kedua terdakwa tidak dapat membayar denda tersebut selambat-lambat satu bulan setelah keputusan majelis hakim berkekuatan tetap maka akan diganti dengan pidana penjara selama 1 tahun.

Baca Juga :  Irman G. Lanti : Pentingnya pengentasan kemiskinan melalui migrasi aman

Sebelumnya diberitakan, Marthinus Talaen dan Sail Lassa, terdakwa dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan gedung Sekolah Dasar (SD) Kobekaka Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), tahun anggaran 2010 pada Dinas PPO Kabupaten TTS, dituntut selama 4 tahun penjara.

Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Lukman di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, Kamis (5/12/2013) yang dpimpin I Nyoman Somanada.

Selain dituntut 4 tahun penjara, JPU juga menyatakan bahwa kedu a terdakwa terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diatur dan diancam dalam pasal 2  juncto Pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999 yang telah dirubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (PTPK) juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Menurut  Lukman, saat mebacakan tuntutan kedua terdakwa diwajibkan membayar denda sebesar Rp 50 juta. Dengan catatan jika kedua terdakwa tidak dapat membayar denda tersebut selambat-lambat satu bulan setelah keputusan majelis hakim berkekuatan tetap maka akan diganti dengan pidana penjara selama 3 bulan.

Dalam sidang juga, kata Lukman, keduanya juga wajib membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 326.428.302.  Ditegaskan Lukman  jika kedua terdakwa tidak dapat membayar denda tersebut selambat-lambat satu bulan setelah keputusan majelis hakim berkekuatan tetap maka akan diganti dengan pidana penjara selama 1 tahun.

Sidang akan dilanjutkan  pekan depan, Kamis ( 12/12/2013) dengan agenda pembacaan pembelaan atas tuntutan JPU dari kuasa hukum terdakwa. (richo)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button