Home / Populer / Persoalan PKSGP, Sinode GMIT jangan diam saja

Persoalan PKSGP, Sinode GMIT jangan diam saja

Bagikan Halaman ini

Share Button

285

 

 

Moral-politik.com : Seperti diberitakan sebelumnya, Pemegang Kas Sentralisasi Gaji Pokok (PKSGP) pada Sinode GMIT, Ance Lobo  diduga telah menggelapkan dana sebesar Rp. 467.313.895 .

Dugaan itu berdasarkan temuan Tim Khusus II Hukum, Advokasi dan Perdamaian yang terdiri dari Pdt. Laazar P. F. de Haan, Pdt. Susana H. Lelang-Mauko, Pdt. Agustina Oematan-Litelnoni, Pdt. Nontje Manu-Kaho, dan Bapak Mell Adoe setelah mendapat informasi dari Sekertaris bidang SGP dan Ketua BP3S.

Libby Sinlaeloe, salah satu majelis sidang Jemaat GMIT Horeb Perumnas, yang dimintai komentarnya soal kasus ini, sangat menyesalkan langkah dari GMIT Sinode yang tidak mengambil langkah tegas terhadap pelaku.

“Pelaku pencuri uang milik manusia saja mendapat hukuman yang sangat berat. Sudah dihakimi masa, lantas dijebloskan kedalam penjara. Sedangkan kasus yang ini, mencuri uang milik Tuhan yang didapat dari uang kolekte dan perpuluhan jemaat tetapi didiamkan saja oleh Sinode GMIT,” kata Libby.

Dia mengatakan, Sinode GMIT harus mengambil tindakan tegas, jangan diam saja terhadap pemegang sentralisasi gaji tersebut. Jika tidak, maka sinode membuka ruang bagi pelaku-pelaku lain untuk melakukan hal yang sama. Sedangkan yang bersangkutan, seharusnya di proses secara hukum agar menjadi efek jera bagi pengurus yang hendak berbuat hal serupa.

Libby berpendapat, seharusnya ada lembaga independen yang dibentuk guna mengaudit keuangan Sinode GMIT, sehingga pengelolaan uang lebih transparan.

“Selama ini, tidak ada lembaga semacam itu dalam tubuh Sinode GMIT, sehingga bisa saja kasus-kasus serupa sudah pernah terjadi namun dibiarkan saja tanpa ada sanksi seperti yang dilakukan oleh Ance Lobo,” kritiknya. (nyongki)

Baca Juga :  Kali ini Tetangga Prabowo Dapat Jatah 8 Sapi, Biasanya 5 Kg...

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button