Home / Sport / Transmigran di Rote harus patuh pada peraturan

Transmigran di Rote harus patuh pada peraturan

Bagikan Halaman ini

Share Button

11

ilustrasi

 

 

Moral-politik.com : Jumlah Penghuni Kompleks Perumahan RTJK yang dibangun Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Desa Lidor, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, sebanyak 100 kepala Keluarga.

Demikian kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Rote Ndao Frederik S.B. Hanin melalui Kepala Bidang Transmigrasi Fery P. Adu kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (9/14) kemarin.

Warga yang menghuni bangunan tersebut, kata dia, mendapat lahan seluas 1,25 Ha, bantuan jaminan hidup selama enam bulan, bantuan sarana pertanian, bimbingan dan pelatihan dalam pengembangan usaha dan bimbingan dan pelayanan sosial kemasyarakatan.

Namun demikian, lanjutnya, para transmigran berkewajiban untuk mentaati sejumlah peraturan tentang penyelenggaraan transmigrasi, bertempat tinggal di pemukiman transmigrasi, memelihara kelestarian lingkungan, memelihara dan mengembangkan kegiatan usaha dan berdaya guna dan berhasil guna, mempertahankan dan memelihara kepemilikan tanah dan aset produksinya, dan memelihara hubungan yang serasi dan harmonis dengan sesama transmigran dan masyarakat sekitarnya.

“Status transmigran dicabut apabila yang bersangkutan mengundurkan diri, menelantarkan rumah, lahan pekarangan dan fasilitas usaha pokok yang diberikan oleh pemerintah dalam batas waktu maksimal dua bulan,” katanya.

Dengan pembangunan perumahan tersebut, dirinya berharap dapat mempererat tali persaudaraan antara warga desa Lidor dan desa Lalukoen yang dulunya pernah terlibat konflik perang tanding. (lima)

Baca Juga :  PLS NTT Minta Kemendikbud Gelontorkan Rp 15 M Untuk PAUD

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button