Home / Populer / Utang luar negeri Indonesia Rp 3.148 triliun. Untuk apa saja?

Utang luar negeri Indonesia Rp 3.148 triliun. Untuk apa saja?

Bagikan Halaman ini

Share Button

10

 

 

Moral-politik.com : Indonesia telah merdeka sejak 17 Agustus 1945. Indonesia kaya akan sumber daya alam yang tiada bandingnya di dunia. Indonesia juga punya ideologi Pancasila yang menjadi filosofi bangsa dan negara berkiprah.

Tapi apakah praktik kepemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan telah sesuai dengan ketiga hal prinsip di atas? Anda diminta menjawabnya sendiri…

Yang pasti, ini posisi utang luar negeri Indonesia seperti diumumkan Bank Indonesia ( BI ), data terbaru mengenai posisi utang luar negeri Indonesia per November 2013 yang menembus USD 260,3 miliar atau setara dengan Rp 3.148 triliun. Untuk apa saja utang itu digunakan?

Dari data bank sentral, lansir Merdeka.com, penggunaan terbesar utang luar negeri Indonesia adalah sektor keuangan, penyewaan dan jasa perusahaan atau leasing. Besarnya utang luar negeri untuk sektor ini mencapai USD 110,8 miliar. Selanjutnya, sektor industri manufacture atau pengolahan yang utangnya mencapai USD 29,3 miliar.

Penggunaan utang luar negeri untuk sektor pertambangan mencapai USD 25,5 miliar. Utang luar negeri yang digunakan untuk listrik, gas dan air bersih mencapai USD 20,4 miliar.

Sektor jasa atau service menggunakan utang luar negeri sebesar USD 17,5 miliar disusul sektor pengangkutan dan komunikasi dengan utang luar negeri mencapai USD 12,8 miliar.

Untuk sektor bangunan perumahan dan gedung, posisi utang luar negerinya mencapai USD 10,9 miliar. Sektor pertanian, peternakan dan kehutanan mencatat utang USD 8,9 miliar. Sektor perdagangan, hotel dan restoran dengan posisi utang luar negerinya mencapai USD 7,5 miliar. Sektor lain sebesar USD 16,7 miliar.

Nah, jika hari ini kita semua bersepakat untuk melunasi utang tersebut bukanlah masalah, jika masing-masing warga Indonesia dari sejumlah 255 juta orang itu mau menyumbang sekitar a Rp 12 juta.

Baca Juga :  Cari AirAsia QZ8501, Singapura Kirim 3 Pesawat

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button