Home / Sport / Warga TTS diimbau waspadai bencana

Warga TTS diimbau waspadai bencana

Bagikan Halaman ini

Share Button

26

 

 

Moral-politik.com : Warga Kabupaten Timor Tengah Selatan diimbau selalu waspada terhadap berbagai ancaman bencana, terutama memasuki musim penghujan seperti saat ini.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten TTS Marthen Tafui, kepada wartawan diruang kerjanya, Selasa (21/1/2014).

Menurut dia, hingga saat ini belum ada kejadian luar biasa seperti banjir dan tanah longsor yang mengancam kehidupan masyarakat baik secara moril maupun materil. Kendati demikian, pihaknya selalu siap untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu bencana itu datang.

“Untuk saat ini belum ada kejadian yang luar biasa, cuma ada beberapa kejadian kecil dan kita sudah antisipasi,” kata Marthen.

Meski demikian, Marthen mengimbau baik secara langsung maupun melalui para camat dan kepala desa, agar seluruh warga masyarakat terutama warga yang tinggal didekat titik yang sering dilanda bencana untuk selalu waspada, terutama memasuki bulan Februari dan Maret yang merupakan puncak cuaca buruk.

“Kami sudah memberikan imbauan baik secara langsung maupun melalui para camat dan kepala desa agar seluruh warga yang tinggal didekat titik-titik lokasi rawan banjir maupun longsor agar selalu waspada, karena sewaktu-waktu bencana bisa saja menimpa kita,” katanya.

Lebih lanjut Marthen menjelaskan, beberapa wilayah yang selalu menjadi langganan bencana baik longsor maupun banjir setiap tahun adalah Kecamatan Amanuban Selatan, Kecamatan Kualin dan Kecamatan Boking sering terjadi banjir.

Sementara kejadian tanah longsor tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Ditambahkannya, untuk membantu para korban bencana, pihaknya sudah menempatkan tagana yang akan selalu membantu warga korban bencana. ”Kita sudah siapkan tagana untuk membantu warga,” jelas Tafui.

Sementara untuk bantuan lainnya, sudah disiapkan berupa 24 unit fiber, sedangkan untuk bahan makanan, selimut, dan jenis bantuan lainya, pihaknya akan berkoordinasi dengan BNPB dan BPBD propvinsi NTT,” tutupnya. (lima)

Baca Juga :  Dua Oraganisasi Petani Kolhua Segera Dideklarasikan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button