Home / Populer / Wibawa Jokowi di mata PNS akan terukur 3 Januari 2014

Wibawa Jokowi di mata PNS akan terukur 3 Januari 2014

Bagikan Halaman ini

Share Button

7

 

 

Moral-politik.com : Esok tanggal 3 Januari 2014 adalah saatnya untuk menilai apakah para pegawai negeri sipil (PNS) di DKI Jakarta mematuhi Instruksi Gubernur No. 150 Tahun 2013 tentang PNS wajib menggunakan angkutan umum, mobil jemputan, atau naik sepeda pada Jumat pertama setiap bulan.

Instruksi Gubernur DKI Jakarta yang meminta PNS menggunakan kendaraan pribadi dan dinas setiap Jumat akan berlaku mulai besok, 3 Januari 2014. Sebagai gantinya, Instruksi Gubernur No. 150 Tahun 2013 itu PNS wajib menggunakan angkutan umum, mobil jemputan, atau naik sepeda pada Jumat pertama setiap bulan.

Instruksi itu diyakini akan cukup merepotkan para pejabat daerah yang terbiasa bepergian menggunakan kendaraan dinas. Sementara itu, guru-guru diperkirakan tak akan terlalu terpengaruh.

“Soalnya, kebanyakan guru di tempatkan tak jauh dari tempat tinggalnya, terutama untuk guru sekolah dasar,” kata Kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudi Mulyanto ketika dihubungi pada Kamis, 2 Januari 2013. Biasanya, jarak tempat tinggal ke sekolah sekitar 2 hingga 5 kilometer, lansir Tempo.co.

Dia mengakui, ada guru yang ditempatkan jauh dari rumahnya. Tetapi itu lebih banyak dialami oleh guru SMA karena jumlah sekolah yang tak sebanyak SD. Kalapun harus lintas wilayah kota administrasi tak akan terlalu ekstrim. “Misalnya, jarang ada guru yang rumahnya di Jakarta Selatan kemudian ditempatkan di Jakarta Utara, paling jauh sampai Jakarta Pusat,” kata dia.

Adapun, letak kantor Dinas Pendidikan di Jalan Gatot Subroto dinilainya masih mudah dijangkau dari berbagai belahan Ibu Kota. Oleh sebab itu, seharusnya para PNS tak kesulitan dengan adanya instruksi terbaru ini.

“Banyak pilihan kendaraan umum menuju kantor kok,” ujar Taufik yang juga rutin bersepeda ke kantor setiap Selasa dan Kamis dari rumahnya di Cijantung, Jakarta Timur. Malah menurut dia, waktu tempuh menggunakan sepeda lebih singkat dibandingkan mobil yang kena macet.

Baca Juga :  Gubernur NTT Didesak Kirim Tim Khusus Ke Malaysia

Selain Taufik, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ratiyono juga sering terlihat menggunakan bus Transjakarta ke kantornya. Gubernur Jokowi juga sudah mulai rutin bersepeda ke kantor setiap Jumat pagi sejak sebulan lalu.

Mari kita lihat pelaksanaannya…. (erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button