Home / Sport / Danrem: Tak semua kabupaten harus ada Kodim

Danrem: Tak semua kabupaten harus ada Kodim

Bagikan Halaman ini

Share Button

danrem2

 

Moral-politik.com : Pembangunan atau pembentukan Komando Distrik Militer (Kodim) di suatu daerah otonomi tidak sama dengan pola pembangunan suatu daerah otonomi. Artinya, tidak harus suatu daerah setingkat kabupaten dan kota perlu dibentuk atau didirikan Kodim.

Komandan Resort Militer (Danrem) 161/Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Achmad Yuliarto, kepada wartawan di kantornya belum lama ini mengatakan, Kodim tidak harus dibangun di setiap Kabupaten yang ada di NTT.

Hal ini diunkapkannya, menjawab pertanyaan mengenai adanya penambahan 9 daerah otonomi baru di Provinsi NTT yakni Kabupaten Rote Ndao, Malaka, Sabu Raijua, Lembata, Nagekeo, Manggarai Timur, Manggarai Barat, Sumba Barat Daya, dan Sumba Tengah. Namun daerah-daerah tersebut sampai kini belum memiliki Kodim tersendiri.

“Masalah pembangunan Kodim itu tidak sejurus dengan Pemda karena itu punya rencananya tersendiri. Jadi tidak harus satu kabupaten satu Kodim. Ini tentu berbeda dengan Polres, Kalau Polres itu memang harus karena dilihat dari aspeknya tersendiri,” katanya.

Namun, lanjutnya, ada pengecualian bagi Kabupaten Rote Ndao dan Manggarai Barat, karena posisi kedua daerah otonom itu dinilainya cukup strategis, sehingga pihaknya telah mengusulkan untuk dibangun Kodim di kedua daerah tersebut.

Khusus Kabupaten Rote Ndao, jelasnya, saat ini sudah dibangun gedung Markas Kodim Ba’a dan jika nanti Presiden telah menandatangani keputusan tentang persetujuan pembentukan Kodim di Rote, maka gedung tersebut akan segera diisi dengan semua perlengkapan kantor, termasuk personilnya.

Sedangkan untuk daerah otonom Manggarai Barat, kata dia, karena daerah tersebut sangata strategis dari sisi pariwisata, ditambah lagi ada taman nasional yang perlu dilindungi, pihaknya telah mengusulkan pembentukan Kodim Labuan Bajo kepada pimpinannya di pusat.

Dirinya optimis, usulan pembentukan Kodim Ba’a di Rote Ndao dan Kodim Labuan Bajo di Manggarai Barat akan disetujui pimpinannya, hanya saja realisasi pembentukkannya tidak bisa dalam waktu dekat ini. (richo)

Baca Juga :  Dituding Terima Rp 30 Miliar, "Teman Ahok" Siap Buka Data Keuangan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button