Home / Populer / ICW : 98% kasus korupsi di daerah, yang diungkap kelas teri

ICW : 98% kasus korupsi di daerah, yang diungkap kelas teri

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

 

 

Moral-politik.com : Korupsi terus menjalar dan mewabah. Fenomena menariknya lebih banyak terjadi di daerah-daerah.

Seperti dinyatakan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) bahwa rata-rata hukuman yang dijatuhkan kepada koruptor sepanjang tahun 2013 hanya dua tahun penjara.

Malah Koordinatir Investigas ICW Agus Sunaryanto mengatakan, 98 persen kasus korupsi ada di daerah. Namun yang banyak dijerat pelakunya oleh aparat penegak hukum hanya koruptor kelas teri.

“Sekarang darurat korupsi di daerah. Aktor yang dijerat oleh penegak hukum dominan aktor kelas teri. Reformasi birokrasi di daerah gagal untuk mendorong pejabat publik dan PNS menjadi lebih baik,” kata Agus di kantor ICW, Minggu (2/2/2014), lansir Tribunnews.com.

“Sepanjang 2013, rata-rata vonisnya (terpidana korupsi) dua tahunan. Sanksi hukumnya masih sangat minim,” tambahnya.

Agus memaparkan kinerja tinggi yang ditunjukkan KPK dalam memberantas korupsi belum memberikan efek domino sampai ke daerah. Menurutnya pun pengungkapkan kasus korupsi juga belum banyak menyentuh sektor lain selain pengadaan barang dan jasa.

“Belum bisa menjerat (korupsi) sektor minyak, tambang, gas, dan perbankan. Sekarang banyak bank perkreditan rakyat yang didirikan di daerah dan bisa menjadi modus (korupsi). Harus diwaspadai korupsi yang melibatkan sektor perbankan,” tandasnya. (erny)

Baca Juga :  Sambut 2015, Ada 3 Titik Pesta Kembang Api di Kota Kupang

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button