Home / Populer / Ini alasan Wapres menolak panggilan Timwas Century

Ini alasan Wapres menolak panggilan Timwas Century

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

 

 

Moral-politikcom : Setiap warga negara tidak boleh menolak panggilan dari aparat keamanan dan lembaga penegak hukum. Tapi tidak ada keharusan yang menyatakan harus memenuhi panggilan Timwas Century.

Atas dasar itu bukan masalah jika Wapres Boediono enggan memenuhi surat panggilan dari Timwas Century.

Seperti diketahui, Timwas Century memanggil Boediono pada 19 Februari mendatang. Boediono dipanggil dalam kasus itu dalam kapasitas sebagai mantan Gubernur Bank Indonesia (BI). Kendati demikian Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso belum menerima surat pemberitahuan dari Wakil Presiden Boediono apakah akan hadir atau tidak.

Menurut Priyo, Wapres Boediono mengirim surat padanya sebelum rencana pemanggilan kedua itu. Dalam surat itu, Boediono menyatakan tidak berkenan hadir dengan berbagai pertimbangan yang masuk akal.

“Alasan dia menghormati hukum, sudah dirasa cukup penjelasannya di depan penyidik KPK, dan sudah pernah menjelaskan itu di depan Timwas Century,” ujar Priyo di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 7 Februari 2014, tulis Viva.co.id.

Meski nantinya Boediono tidak hadir, Priyo mengatakan DPR berwenang mengundang pihak-pihak lain yang dianggap mengetahui proses penggelontoran dana talangan ke Bank Century tahun 2008. “Dan kalau yang bersangkutan tidak bisa datang harus memberikan alasan-alasan yang logis, masuk akal, dan bisa diterima,” kata dia.

Ketua DPP Partai Golkar itu menyarankan agar anggota dewan yang tergabung dalam Timwas Century untuk menahan diri dan memberikan pandangan-pandangan yang menyejukkan suasana.

Baca Juga :  "Mengapa Pertemuan Presiden dengan KPK Ditunda?"

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button