Home / Kaukus / Ini dia misteri pertemuan 5 pejabat asing dengan Jokowi (1)

Ini dia misteri pertemuan 5 pejabat asing dengan Jokowi (1)

Bagikan Halaman ini

Share Button

5

 

Moral-politik.com : Tokoh fenomenal di DKI Jakarta ini telah menyita banyak perhatian dari tokoh-tokoh penting negara sahabat dengan Indonesia.

Hal lebih yang berhasil ditonjolkan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) adalah melaksanakan sesuatu di luar kelaziman gubernur-gubernur terdahulu. Seperti melakukan blusukan, bicara jujur dan terbuka, tidak membuka peluang KKN, menghargai prestasi dan bukan karena kroni-kroni, serta penampilannya bersahaja.

Apa saja yang dibicarakan saat pertemuan tersebut tak banyak pihak mengetahuinya. Tapi dari fenomena Jokowi selalu unggul dalam survey yang dilakukan oleh lembaga atau partai apa saja, membuka praduga bahwa ada komitmen politik yang mau dibangun.

Lalu, siapa saja pejabat-pejabat asing yang telah bertemu Jokowi itu? Melansir Merdeka.com, ini dia :

1. Menlu Inggris sambangi Jokowi di Balai Kota

Selasa (28/1/2013) lalu, Menteri Luar Negeri Inggris William Hague secara khusus bertemu Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Keduanya lantas bicara banyak hal.

Dalam pertemuannya itu Hague mengaku membahas mengenai peningkatan transparansi pemerintah dan permasalahan korupsi. “Untuk mendukung pemberantasan korupsi dan transparansi. Negara bisa belajar dari kita tentang pemerintahan yang baik dari segala aspek,” kata Hague di Balai Kota.

Menurutnya, Indonesia dapat belajar kepada negara Inggris dalam hal membangun tata birokrasi pemerintahan yang baik. Meski begitu, Hague mengakui negaranya tak sempurna dan memiliki kekurangan. “Kami mencoba memberikan dukungan terhadap transparansi pemerintahan maupun organisasi. Kita ingin membandingkan pengalaman masing-masing negara,” kata Hague.

Sementara Jokowi mengatakan, pertemuannya dengan Hague membicarakan banyak hal. Salah satunya soal pemerintahan. “Tadi membicarakan goverment, membahas soal anggaran kita yang ditampilkan di website dan saya sampaikan juga cara membangun sistem transparansi. Dan itu semua kita butuh waktu,” imbuh Jokowi. (bersambung)

Baca Juga :  Akibat selingkuh, Ambisi John Profumo jadi PM Inggris pupus

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button