Home / Populer / Johan Budi bocorkan penyidikan barang dan jasa urusan Haji

Johan Budi bocorkan penyidikan barang dan jasa urusan Haji

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

ilustrasi

 

 

Moral-politik.com : Publik masih belum percaya dengan kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menduga ada korupsi dalam tubuh Kementerian Agama. Apalagi itu berkaitan dengan urusan ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan Menteri Agama Suryadharma Ali yang juga adalah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang mengatakan semua pekerjaan di tubuh kementerian yang dipimpinnya itu sudah sesuai dengan prosedurnya.

Akan tetapi KPK tidak begitu saja mempercayainya. Ketika Viva.co.id menemui juru bicara KPK Johan Budi  di kantornya, Kamis (13/2/2014), dirinya sedikit membocorkan barang dan jasa yang sedang diselidiki. “Kan kalau di haji pengadaannya ada pemondokan, katering, transportasi. Nah itu salah satunya sedang ditelusuri,” katanya menerangkan.

Namun, ia belum tahu pasti barang atau jasa mana yang sedang disusuri tim penyidik KPK. Yang pasti, nilai pengadaannya sangat besar. “Nilainya lebih dari Rp100 miliar,” ujar Johan.

Sementara ini, ia melanjutkan, penyelidikan belum mengarah ke dana setoran haji. Penyidik baru sebatas menelisik muasal pengadaan barang dan jasa. “Tapi bukan berarti KPK tak mengembangkan ke sana (dana setoran haji),” ujarnya lagi.

Terkait penyelidikan itu, KPK telah memanggil sejumlah anggota Komisi VIII DPR yang membidangi agama untuk dimintai keterangan. Antara lain, mantan Ketua Komisi VIII Hasrul Azwar dan mantan Wakil Ketua Komisi VIII Jazuli Juwaini.

“Tidak hanya anggota DPR, tapi juga dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama,” kata Johan menambahkan.

Seperti diketahui, bukan hanya kali ini saja Kementerian Agama mendapat tudingan korupsi soal dana haji. Menteri Agama Suryadharma Ali beberapa waktu lalu mempersilakan KPK membongkar transaksi mencurigakan soal itu. (erny)

Baca Juga :  Pidato Megawati "serempet" ke Penumpang Gelap, Ini Kata Jokowi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button