Home / Populer / Jokowi disambut keluhan warga penghuni Rusun Cilincing

Jokowi disambut keluhan warga penghuni Rusun Cilincing

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

ilustrasi

 

 

 

Jakarta, Moral-politik.com : Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) punya komitmen kuat untuk membenahi persoalan di rumah susun (Rusun), sebagai salah satu alternatif memecahkan persoalan banjir di Jakarta.

Ketika Jokowi mengunjungi rumah susun Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (7/2/2014) siang, sejumlah penghuni meminta kepadanya untuk menyelesaikan persoalan di rusun tersebut, yang dibangun tahun 1998 itu.

Jaja Sudarja (51), Ketua RT 20 RW 10, mengatakan, rusun itu sebenarnya milik PT Pelabuhan Indonesia II. Menurut Jaja, pemilik rusun tidak pernah mengurus rusun itu sehingga fasilitas di sana “mengancam” penghuninya. “Kalau boleh dibilang, bobrok banget ini rumah susun,” ujar Jaja.

Jaja menyebutkan, lansir Kompas.com, instalasi gas pada rusun yang terdiri dari 4 blok dengan 756 hunian tersebut tidak terisolasi. Warga khawatir instalasi terbuka itu bakal membahayakan penghuni rusun, misalnya jika tersulut rokok dan hal lain.

Selain itu, genting paling atas rusun sudah tidak layak lagi sehingga sering mengalami kebocoran dan membuat penghuni tidak nyaman. Instalasi listrik di rusun tersebut tampak terbuka begitu saja dan dianggap mengancam kenyamanan dan keamanan warga. Apalagi lokasi tersebut kerap menjadi tempat bermain anak-anak rusun itu.

Warga juga mengadukan kondisi seluruh tangga di rusun tersebut, yang tidak dilengkapi besi pembatas. “Tahun lalu ada anak kecil meninggal karena hujan, lantainya licin, terus dia terpeleset. Desember lalu juga ada yang jatuh, tapi enggak meninggal. Besinya sudah hilang, keropos,” kata Jaja.

Jaja mengatakan, penghuni rusun telah mengomunikasikan hal itu ke PT Pelindo selaku pemilik rusun. Namun, tak pernah mendapat tanggapan. Warga berharap pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat menyelesaikan persoalan di rusun tersebut. (erny)

Baca Juga :  KPK pelajari laporan gratifikasi oleh Jokowi-JK

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button