Home / Populer / Kesadaran buang sampah di Jakarta masih rendah

Kesadaran buang sampah di Jakarta masih rendah

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

 

 

Moral-politik.com : Tidak mudah memang untuk menyelesaikan persoalan sampah di DKI Jakarta. Selain usulan Gubernur DKI Jakarta agar DPRD menyetujui tambahan 200 mobil sampah tidak disetujui, juga masih rendahnya kesadaran warga Jakarta untuk membuang sampah pada tempatnya.

Hari ini, Selasa (11/2/2014), pemandangan tidak nyaman terlihat di Jalan Matraman Raya, dekat Halte Transjakarta Kebon Pala, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur. Pada jalur mengarah ke Matraman itu, ada gundukan sampah setinggi mobil minibus di pinggir jembatan Kali Baru.

Melansir Kompas.com, gundukan sampah itu berupa sampah rumah tangga yang diangkut dari berbagai tempat. Lokasi dekat Jembatan Kali Baru menjadi tempat pembuangan sampah sementara oleh petugas kebersihan yang bekerja untuk warga sekitar.

Gundukan sampah ini menutup jalur pedestrian sehingga pejalan kaki tidak dapat berjalan di trotoar. Seorang petugas kebersihan pemukiman Jalan Permata, Dadang (31), mengatakan, truk pengangkut sampah bergerak lambat untuk membersihkan sampah tersebut. Hal itu mengakibatkan sampah terus menumpuk di tepi Jalan Matraman Raya itu.

Dadang menuturkan, setiap dua hari sekali ada sebuah truk pengangkut yang datang untuk mengangkut sampah di sana. Meski pengangkutan dilakukan rutin setiap dua hari, sampah tidak pernah habis terangkut seluruhnya. “Paling lama dua hari sekali, pasti masih ada (sampah),” ujar Dadang kepada Kompas.com di lokasi, Selasa sore. Menurut Dadang, sampah di situ tidak hanya dari pemukiman warga di Jalan Permata, tetapi juga dari warga Kampung Pulo.

Dendi (27), seorang pedagang burung di depan gundukan sampah itu, mengatakan, tempat itu tidak pernah bersih dari sampah. Setiap kali truk datang untuk mengangkut sampah, pada siang harinya akan ada lagi sampah yang dibuang di sana. Menurut Dendi, sampah itu juga berasal dari pemukiman wilayah Balimester dan Pasar Jatinegara.

Baca Juga :  Habib Rizieq ditangkap paksa, Polda Jabar menanggapi...

“Enggak pernah bersih kalau di sini mah. Misalnya diangkut nih, siang datang lagi,” ujar Dendi. (erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button