Home / Populer / Masih subuh PDIP telah bahas Kabinet Bayangan

Masih subuh PDIP telah bahas Kabinet Bayangan

Bagikan Halaman ini

Share Button

7

ilustrasi

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Pemilu Legislatif baru berlangsung 9 April 2014 mendatang, Pilpres dua bulan setelah itu. Laksana masih subuh tapi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah menyiapkan kader-kadernya untuk duduk di kursi empuk kabinet Megawati-Jokowi, misalnya…?

Tidak masalah, sebab bisa saja sejumlah partai lain pun memilih jalan yang sama. Kendati ada ungkapa klasik di Pulau Rote bilang : Belum pasang sudah ‘pado’ (gurita).

Seperti diakui oleh Anggota Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno bahwa sejumlah elite partainya sudah menyusun kabinet bayangan. Ini sebagai persiapan bila PDI-P dipercaya rakyat untuk memimpin bangsa dan negara ini lima tahun ke depan.

Hendrawan, lansir beritasatu.com, menyebutkan sejumlah nama elite saat ini yang laik dipertimbangkan mengisi kabinet itu. Misalnya, M. Prakosa sebagai Menteri Pertanian dan Kehutanan, Rokhmin Dahuri sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan.

Atau Sri Adiningsih sebagai Menteri Perdagangan, Maruarar Sirait sebagai Menakertrans, dirinya sendiri sebagai Menneg PPN/Ketua Bappenas atau Meneg BUMN, dan Hasto Kristianto sebagai Mensesneg dan Seskab.

Arief Wibowo sebagai Menteri pertanahan atau Agraria, Budiman Sudjatmiko sebagai Menpora, Tubagus Hasanuddin sebagai Menhan, Arif Budimanta sebagai menteri yang berkaitan dengan bidang keuangan.

“Mbak Puan Maharani masih disimpan sebagai kartu truf yang akan dimainkan kemudian,” kata Hendrawan di Jakarta, Jumat (28/2).

Hendrawan mengatakan bahwa setiap partai politik sudah pasti memiliki tokoh-tokoh yang akan duduk dalam kabinet jika menang pemilu. Hal demikian wajar karena parpol lain yang meyasar kemenangan juga menyiapkannya.

“Misalnya Gerindra juga punya. Saya dengar, kalau Gerindra menang pemilu, Martin Hutabarat akan jadi Menkumham. Demikian juga kalau Golkar menang, Airlangga Hartarto akan masuk jajaran kabinet. PDI-P tentu juga begitu meskipun masih disimpan,” ujar Hendrawan.

Baca Juga :  Soal Kedamaian, SBY Minta Perhatian Jokowi dan Masyarakat Aceh!

Dia hanya memastikan bahwa kabinet yang disiapkan PDI-P akan mencerminkan nilai-nilai profesionalisme. Punya kompetensi, mencerminkan kekompakan, dan kebhinekaan.

Proficiat untuk para menteri-menteri PDIP… (erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button