Home / Populer / Mendagri : e-KTP itu seumur hidup, hemat dana Rp 4 T

Mendagri : e-KTP itu seumur hidup, hemat dana Rp 4 T

Bagikan Halaman ini

Share Button

5ilustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Polemik terkait kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) diklarifikasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi.

Mendagri menuturkan, pemberlakuan e-KTP itu seumur hidup dan akan menghemat uang negara sebesar Rp 4 triliun.

Demikian kata Mendagri saat sosialisasi administrasi kependudukan di Aula Asrama Haji Palembang, Senin (24/2).

Gamawan mengatakan, lansir Merdeka.com, dari 191 juta penduduk Indonesia dikali Rp 16 ribu untuk biaya pembuatan KTP seperti sebelumnya, maka pemerintah harus menghabiskan dana Rp 4 triliun per lima tahun. Itu yang menjadi penghematan bagi negara.

Uang negara tersebut dapat dialokasikan untuk kepentingan lain yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemberlakuan e-KTP seumur hidup dan tidak diperpanjang lima tahun sekali seperti sebelumnya dapat menghemat uang negara hingga Rp 4 triliun,” ungkap Mendagri.

Menurut Gamawan, Undang-undang (UU) Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan yang merupakan perubahan dari UU Nomor 23 Tahun 2006, menjadi landasan hukum pemberlakuan e-KTP tersebut. UU baru ini pula memiliki manfaat yang mempermudah masyarakat karena database sidik jari dan rekaman mata penduduk yang sudah dikuasai negara.

“Kegunaannya juga bisa meminimialisir tindak kriminal karena setiap penduduk sudah terekam sidik jari,” kata dia.

Sementara itu, anggota DPR H Kahar Muzakir menilai e-KTP ini penting untuk menyusun anggaran pembangunan terlebih mengenai administrasi kependudukannya menjadi lebih tertib.

“KTP ini single identity, penting sekali terutama di negara maju. Banyak hal penting yang bisa dirasakan seperti mengatasi kejahatan, masalah pembangunan dan lain sebagainya,” pungkasnya. (erny)

Baca Juga :  Kapolda Jateng: Sidik Jari Pelaku Bom Bunuh Diri Milik Nur Rohman

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button