Home / Populer / Mengatasi korupsi di Vatikan, Paus bentuk Kementerian Keuangan

Mengatasi korupsi di Vatikan, Paus bentuk Kementerian Keuangan

Bagikan Halaman ini

Share Button

1ilustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Paus Fransiskus kembali membuat terobosan baru untuk menangani berbagai skandal korupsi dan pencucian uang yang terjadi di Bank Vatikan.

Paus membentuk kementerian keuangan untuk mengelola masalah perekonomian Vatikan, sekaligus meningkatkan transparansi dan meningkatkan pendanaan bagi orang miskin.

Pembentukan kementerian keuangan baru ini, Senin (24/2/2014), menyusul serangkaian skandal
kementerian keuangan ini akan dipimpin Kardinal George Pell dari Austria dengan tugas mempersiapkan anggaran tahunan Vatikan, dan menerapkan standar akuntansi dan sistem pelaporan internasional.

“Bapa Paus mengumumkan sebuah struktur kordinasi baru untuk urusan ekonomi dan administrasi untuk Vatikan,” demikian pernyataan resmi Vatikan.

Vatikan menambahkan, lansir Kompas.com, langkah ini diambil sesuai dengan rekomendasi yang diajukan para kardinal penasihat Paus, termasuk komitmen untuk lebih mengikuti standar internasional.

“Perubahan ini akan memastikan penggunaan sumber daya lebih baik, meningkatkan dukungan untuk berbagai program, terutama kerja kami untuk orang miskin,” tambah Vatikan.

Kementerian ini, secara resmi akan disebut “Sekretariat Ekonomi”, dan akan diisi 15 orang anggota dewan, yang terdiri dari delapan orang kardinal dari berbagai belahan dunia dan tujuh orang pakar finansial internasional. (erny)

Baca Juga :  Wanita Ukraina canangkan gerakan tolak seks dengan pria Rusia

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button