Home / Sport / Puluhan hektar lahan pertanian terserang hama belalang

Puluhan hektar lahan pertanian terserang hama belalang

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

 

Moral-politik.com : Dalam tahun ini, masyarakat di Desa Bena Kecamatan Amanuban Selatan terancam bencana kelaparan. Pasalnya, sebanyak kurang lebih 41 hektar lahan pertanian milik warga di desa itu di serang hama belalang.

Hal ini disampaikan Camat Amanuban Selatan  Albert Nabuasa kepada wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (1/2/2014).

“Lahan pertanian milik masyarakat di Kecamatan Amanuban di serang hama belalang. Hama belalang ini menyerang tanaman pertanian  seperti jagung dan ubi kayu milik masyarakat yang sudah di tanam,” katanya.

Dia mengatakan, akibat serangan hama belalang tersebut dirinya kuatirkan 55 warga pemilik 41 hektaare lahan tersebut terancam gagal panen.

“Ada 55 KK yang tanaman pertaniannya rusak. Hama belalang yang menyerang hanya memakan daun tanaman saja,” ujarnya.

Terhadap persoalan itu, kata dia, para penyuluh dari Dinas Pertanian Kabupaten Timor Tengah Selatan telah mendatangi lokasi tersebut dengan membawa sejumlah jenis obat pembasmi hama.

Namun demikian, lanjutnya, warga di desa tersebut lebih memilih lakukan pembasmian secara alamiah, karena obat-obatan yang disediakan penyuluh tak mempan untuk membasmi hama belalang yang menyerang tanaman mereka.

“Masyarakat menggunakan cara alamiah saja tetapi belum mampu menurunkan populasi hama belalang yang menyerang,” ujarnya.

Sementara itu sejumlah warga yang berhasil dikonfirmasi wartawan di lokasi itu mengungkapkan, serangan hama belalang yang melanda wilayah itu baru pertama kali terjadi.

Daniel, salah seorang warga di desa tersebut kuatirkan warga di desa tersebut bakal alami bencana kelaparan bila persoalan itu tidak segera disikapi secara serius.

“Kami harapkan adanya perhatian dari pemerintah untuk bersama membasmi hama belalang yang menyerang tanaman kami,” ujar Daniel.(lima)

Baca Juga :  Ada kejanggalan penangkapan Bandar Togel

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button