2

Jakarta, Moral-politik.com : Berlatih mengemukakan gagasan dan aspirasi secara tertulis sehingga bisa mendorong realisasi perubahan, Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) mengadakan kursus menulis gratis yang terbuka untuk umum.

“Menulis adalah mendobrak keterbatasan, yang tanpa sadar sudah digemari masyarakat melalui aktivitas di media sosial seperti facebook, bahkan pesan singkat seperti sms,” kata penyelenggara, Anton Jabo (antojabo@gmail.com) di Jakarta Rabu (5/2).

Materi dasar pelatihan adalah free writing (menulis bebas), aplikasi metode dalam buku Peter Elbow, Writing Without Teachers  yang sudah diterjemahkan menjadi Merdeka Menulis (e-publishing, Jakarta).

Dengan terlatih menulis bebas, menjadi mampu menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan, menangkap realitas sosial, juga mengungkap fenomena sosial (kemudian ditulis).

Para mitra latihan dalam kursus ini, kesemuanya adalah wartawan aktif di Jakarta. Antara lain Syaiful W Harahap (wartawan Mutiara), Satrio Arismunandar, Dhia Prekasha Yoedha (keduanya eks wartawan Kompas).

Kemudian Sihar Ramses Simatupang (Sinar Harapan), Alex Madji, Aditya L Djono (keduanya Suara Pembaruan) dan Sihol Manullang (baranews.co), Harry Patty dan Dio Pare (keduanya praktisi perbukuan). “Mereka praktisi yang juga mengetahui dasar-dasar teori,” tutur Anton Jabo.

Pelatihan diadakan selama tiga hari, Minggu  (9/2), Sabtu (15/2) dan Minggu (16/2), di Kantor Bara JP, Jl Bhineka Raya 3, Cawang Baru, Jakarta Timur, telepon 021 8566 755, antonjabo@gmail.com.

“Peserta dimohon membawa makan siang dan snack sendiri, atau patungan di tempat,” tambahnya. (sm)

Baca Juga :  Kasus pembunuhan sadis Pasutri di TTS segera disidangkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here