Home / Populer / Setelah beli Instagram, Facebook beli WhatsApp Rp 220 Triliun

Setelah beli Instagram, Facebook beli WhatsApp Rp 220 Triliun

Bagikan Halaman ini

Share Button

6

 

 

Moral-politik.com : Facebook membuat sebuah keputusan spektakuler, sekaligus memposisikan dirinya sebagai salah satu perusahaan dunia yang bermimpi besar untuk terus menguasai dunia.

Keputusan akuisisinya setelah Instagram, kini dengan hebatnya mencaplok WhatsApp.

Tidak tanggung-tanggung dana yang harudigelontorkannya. Perusahaan bikinan Mark Zuckerberg ini mengeluarkan 19 miliar dollar AS (sekitar Rp 223 triliun)

Memang sistem embayarannya tidak sepenuhnya berupa uang tunai. Pada awalnya, Facebook akan menggelontorkan dana sebesar 16 miliar dollar AS, yang terdiri dari 12 miliar dollar AS saham dan 4 miliar dollar AS dalam bentuk uang tunai.

Para petinggi dan juga karyawan WhatsApp akan mendapatkan 3 miliar dollar AS dalam bentuk saham terbatas.

Jika proses akuisisi ini gagal, lansir detik.com, Facebook telah setuju membayar biaya “perpisahan” ke WhatsApp sejumlah 1 miliar dollar AS, ditambah saham kelas A dengan nilai setara 1 miliar dollar AS.

“WhatsApp ada dalam jalur untuk menghubungkan 1 miliar orang. Layanan tersebut telah mendapatkan pencapaian yang luar biasa bernilai,” kata Mark Zuckerberg, CEO Facebook.

Nantinya, Jan Koum, pendiri dan CEO WhatsApp, akan bergabung ke Dewan Direksi Facebook. Namun, WhatsApp akan tetap bekerja secara mandiri, sama seperti Instagram.

WhatsApp saat ini memiliki 450 juta pengguna bulanan, 70 persennya merupakan pengguna aktif. Setiap harinya, ada 1 juta pengguna baru yang mendaftar. (erny)

Baca Juga :  Mengapa Happy Salma Bikin Penerbit Buku Sendiri?

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button