56336_kepala_bkpm_m_lutfi_663_382

Jakarta, Moral-politik.com : Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi berencana mengimpor pangan karena sebagian lahan terancam gagal panen akibat terkontaminasi debu vulkanik Gunung Kelut. Namun, wacana tersebut  menuai pro dan contra dari berbagai kalangan.

Guru Besar Fakultas Ekonomi Padjajaran Ina Primiana ini menilai wacana mengimpor pangan oleh Lufti tidak wajar. Ina mengatakan, daerah yang terkena debu vulkanik hanya sebagian kecil, sehingga jika sekalipun mengalami kekurangan pangan  masih  banyak daerah yang bisa mencukupi. Jadi tidak perlu melakukan pengimporan pangan.

“ini tidak wajar daerah yang terkena debu vulkanik hanya sebagian kecil, masih banyak daerah yang tidak terkena debu vulkanik. Jadi mengapa harus mengimpor pangan bukanya wilayah yang tidak terkena debu vulkanik bisa mencukupi,”  tandas Nia di Jakarta, Selasa (18/2/2014)

Nia menilai ini merupakan alasan yang dibuat-buat oleh Lufti. Dia mengungkapkan bahwa Lufti terlalu gegabah mengambil keputusan Sebab, mengimpor pangan  harus berdasarkan supply dan demand.

Nia menghimbau agar Menteri Perdagangan Lutfi yang baru saja menggantikan posisi Gita Warjawan sebaiknya terlebih dahulu membenahi  kasus izin impor yang bermasalah. Setelah itu baru menetukan lankah selanjutnya. (Wildus)

Baca Juga :  Basuki: Saya dan Jokowi tak pernah terima setoran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here