Home / Sport / Warga minta Pemkot revisi Perda penetapan pajak kos

Warga minta Pemkot revisi Perda penetapan pajak kos

Bagikan Halaman ini

Share Button

5ilustrasi

 

Moral-politik.com : Masyarakat pemilik Kos di Kelurahan lasiana meminta Pemerintah Kota Kupang merevisi  Peraturan Daerah (Perda) tentang pajak kos, karena mereka menilai adanya ketidakadilan soal pemberlakuan pajak tersebut.

Hal ini disampaikan oleh salah satu warga Lasiana Alex Lende Bayu, saat diadakan pertemuan antara warga Lasiana dan Oesapa bersama Anggota DPRD Kota Kupang Soleman Kette, Lurah Lasiana Yeskhial Henuk  dan sejumlah warga lainnya di Kelurahan Lasiana, Sabtu (1/2/2014).

Menurut Alex, penetapan berdasarkan banyaknya kamar sangat tidak adil bagi masayarakat. Pemerintah hanya menetapkan pajak bagi kamar kos yang  berjumlah 10 kamar sedangkan jumlah dibawahnya tidak dikenakan pajak. Dengan penetapan berdasarkan banyaknya jumlah kamar, dirasakan sangat tidak adil.

“Dikelurahan Lasiana banyak kamar kos mewah yang tarifnya diatas Rp. 1 juta lebih, namun jumlah kamar kos hanya sembilan maka tidak dikenakan pajak. Namun ada juga kos-kosan berdinding bebak, yang tarif sewanya hanya Rp. 150 hingga Rp 200 ribu, tapi karena jumlah kamarnya 11 atau lebih malah harus membayar pajak,” kata Alex.

Dia mengatakan, dengan pola pemberlakuan pajak seperti itu, sangat tidak adil bagi masyarakat. “masa pendapatan dari kos yang hanya Rp. 2 juta harus membayar pajak, sedangkan yang mendapat Rp. 10 juta, tidak dikenakan pajak,” protes Alex.

Oleh karena itu, lanjut Alex, sangat diharapkan pemerintah segera merevisi penatapan perda soal pajak kos-kosan, agar tidak terjadi kecemburuan dalam masyarakat. Kepada anggota DPRD Soleman Kette, diharapkan untuk memperjuangkannya dalam sidang agar penetapan pajak tidak berdasarkan jumlah kamar kos, tetapi penetapan pajak di tetapkan berdasarkan tarif kos yang tinggi.

Sementara anggota DPRD Soleman Kete pada kesempatan itu, berjanji akan memperjuangkan aspirasi masyarakat soal penetapan pajak kos-kosan. (nyongki)

Baca Juga :  Tenaga Honorer BLHD Rote Ndao Tak Bertugas

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button