Home / Populer / AS mulai gusar dengan sikap Rusia terhadap Ukraina

AS mulai gusar dengan sikap Rusia terhadap Ukraina

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

ilustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Amerika Serikat (AS) tidak ingin tinggal diam melihat krisis yang sedang melanda Ukraina dari ancaman militer Rusia.

Sebagai langkah awal untuk menjawab keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin mendekatkan pasukan militernya ke Ukraina, AS telah mengirim enam jet tempurnya ke perairan Lithuania untuk berjaga-jaga.

Dilansir dari www.businessweek.com, Jumat (7/3/2014), AS mengerahkan enam pesawat tempur ke Lithuania kemarin untuk memperkuat pertahanan di Semenanjung Baltik. Hal ini baru pertama kali dilakukan AS sejak Lithuania bergabung dengan AS di tahun 2004.

Bahkan, AS pun akan terus mengirimkan armada udaranya hingga 1 skuadron guna berjaga-jaga. Rencananya hingga tanggal 10 Maret, selusin pesawat AS akan tiba di Polandia untuk memantau perkembangan di Ukraina.

Sama seperti Lithuania, lansir detik.com, Moldova yang juga negara tetangga Ukraina meminta AS untuk mematau perkembangan. Perdana Menteri Moldova Iurie Leanca, sudah meminta langsung kepada Presiden AS Barrack Obama untuk memperkuat penjagaanya di daerah Ukraina.

Pasukan Russia memang ada sebagian yang ditempatkan di wilayah Moldova tepatnya di daerah Transnistria. Penempatan itu menyusul keputusan Putin untuk mengirimkan gelombang pasukan yang mengarah ke dekat Ukraina. (erny)

Baca Juga :  6 Profesi Ini Paling Rentan Berselingkuh (1)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button