Home / Populer / Deklarasi Jokowi : PDIP ingin untungkan partai lain?

Deklarasi Jokowi : PDIP ingin untungkan partai lain?

Bagikan Halaman ini

Share Button

11

 

MORAL-POLITIK.COM – Berbedanya analisis para pakar soal pendeklarasian Joko Widodo (Jokowi) sebagai capresnya PDIP cukup marak meramaikan pesata demokrasi Pancasdila di 2014 ini.

Analisis berbeda disampaikan oleh pengamat politik LIPI Siti Zuhro. Dia berpendapat bahwa pendeklarasian Jokowi sebagai bakal calon Presiden dari PDIP justru menguntungkan partai politik lain, karena peta politik telah terang benderang, sehingga strategi membendung PDIP dapat dipersiapkan secara matang.

“Ini akan digunakan untuk partai dalam mengatur strategi baru memenangkan partainya masing-masing menghadapi kemungkinan besar kemenangan PDIP,” kata Siti saat dihubungi, dari Jakarta, Sabtu (15/3).

Konstelasi politik sebelum pendeklarasikan Jokowi diramaikan wacana dan spekulasi mengenai figur bakal capres yang akan maju dari partai oposisi PDIP. Nama Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP Puan Maharani juga sebelumnya santer diwacanakan akan diusung PDIP, selain Jokowi yang semakin populer dan tingkat keterpillihan tinggi dari berbagai jajak pendapat.

Siti mengatakan, lansir sayangi.com, deklarasi Jokowi pada Jumat (14/3) telah membantu para patron partai politik lain untuk mempertegas sikap, termasuk dalam berkoalisi, untuk menghadapi Pemilu 2014.

“Para rival PDIP, akan memperjelas posisinya dengan adanya deklarasi ini, karena toh semua partai pada dasarnya ingin menang kan,” ujar dia. (erny)

Baca Juga :  Jelang Pilkada Kota Kupang, FPC NTT Usung 4 Perempuan Hebat!

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button