Home / Populer / Ini pertemuan Obama dengan Aktivis Perempuan Arab Saudi

Ini pertemuan Obama dengan Aktivis Perempuan Arab Saudi

Bagikan Halaman ini

Share Button

9Obama dan Maha al-Muneef

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah mengagendakan pertemuan khusus dengan aktivis hak-hak perempuan di Arab Saudi, Sabtu (29/3/2014).

Tokoh aktivisi perempuan yang ditemui Obama adalah Maha al-Muneef, yang dikenal sebagai seorang aktivis anti-kekerasan dalam rumah tangga. Tahun ini, Maha al-Muneef mendapatkan penghargaan dari Kementerian Luar Negeri AS. Dan Obama yang menyerangkan penghargaan itu kepada Maha.

Maha al-Muneef memulai program nasional keamanan keluarga pada 2005 untuk memerangi KDRT di Arab Saudi. Salah satu yang diperjuangkan Maha dan rekan-rekannya adalah mengakhiri “kekuasaan absolut” para penjaga pria.

Pertemuan Obama dan para aktivis perempuan ini digelar bersamaan dengan aksi para perempuan menentang larangan mengemudikan mobil di Arab Saudi.

Aktivis hak mengemudi Madiha al-Ajroush mengatakan mereka tidak merencanakan aksi itu berbarengan dengan kunjungan Obama. “Kami sudah menentukan tanggal aksi tiap bulan untuk mengejar cita-cita kami,” kata Madiha.

Meski bertemu, lansir Kompas.com, dengan para aktivis perempuan dan didesak organisasi pejuang HAM Amnesti Internasional serta sejumlah anggota senat AS, Obama tidak menyinggung soal HAM dalam kunjungannya ke Arab Saudi.

Kunjungan Obama ke Arab Saudi lebih ditujukan untuk “menenangkan” Raja Abdullah terkait kebijakan AS terkait Suriah dan Iran, yang hubungan AS dan Arab Saudi sedikit menegang. (erny)

Baca Juga :  BIN menjawab isu penyadapan terhadap SBY

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button