Home / Populer / Jokowi, Prabowo dan ARB Capres terkuat versi Cirus

Jokowi, Prabowo dan ARB Capres terkuat versi Cirus

Bagikan Halaman ini

Share Button

1ilustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Dari survei ke survei, Joko Widodo alias Jokowi tak tertandingi sebagai calon presiden paling mumpuni, disusul Prabowo dan Aburizal Bakrie (ARB).

Kondisi survei terakhir ini yang dilakukan oleh Lembaga survei Cirus Surveyors Group telah merilis hasil jejak pendapat elektabilitas bakal calon presiden dan calon wakil presiden pada pemilihan umum mendatang. Hasil survei ini memperkuat jajak berbagai lembaga sebelumnya bahwa Joko Widodo masih berada di atas angin.

Dari 2.200 responden, 31,3 persen memberikan suaranya untuk Jokowi jika pemilu digelar hari di mana survei digelar. Disusul kemudian oleh Prabowo Subianto (11,5 persen), Aburizal Bakrie (9,1), Wiranto (5), Megawati Soekarnoputri (6), Jusuf Kalla (4), dan Dahlan Iskan (1).

Cirus pun membandingkan hasil survei Jokowi yang dipasangkan dengan dengan calon wakil presiden. Menurut survei, jika Jokowi dipasangkan dengan Puan Maharani, elektabilitasnya mencapai 38,5 persen.

“Ini lebih rendah dibandingkan jika Jokowi dipasangkan dengan Jusuf Kalla. Pasangan terakhir ini elektabilitasnya 52,8 persen,” kata Kadek Dwi Apriani, Direktur Riset Cirus di kantornya, Sabtu 8 Maret 2014, lansir viva.co.id.

Sedangkan Ketua Dewan Pembina partai Gerindra Prabowo Subianto jika dipasangkan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa tingkat ketertarikan publik untuk memilih hanya 20,6 persen. Selanjutnya disusul bakal pasangan Wiranto-Harry Tanoe (11,7), dan Ketua Umum Golkar Abu Rizal Bakrie (ARB) jika berduet dengan Mahfud MD (9).

Selain itu, dalam jejak pendapat tokoh yang layak dipilih sebagai cawapres, elektabilitas Prabowo dan Wiranto berada di bawah Jusuf Kalla. Sedangkan Jokowi tetap menduduki peringkat pertama sebagai cawapres.

“Jowoki 16,8 persen, JK 6,8 persen, Prabowo 6,2 persen, Hary Tanoesudibjo 3,3 persen, Megawati 3 persen dan Wiranto 1,2 persen,” katanya.

Baca Juga :  Wakapolri Syafruddin Kukuhkan Status Baru Polda NTT

Survei nasional ini dilaksanakan mulai 1 Februari hingga 8 Maret 2014. Jumlah responden adalah 2.200 orang yang tersebar pada 220 desa di 33 provinsi. Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka. Dalam survei ini tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,0 persen. (linda)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button