Home / Populer / Jurkam Gerinda tuding Pemerintah Korupsi, Panwaslu hentikan orasi

Jurkam Gerinda tuding Pemerintah Korupsi, Panwaslu hentikan orasi

Bagikan Halaman ini

Share Button

3

 

MORAL-POLITIK.COM – Insiden kecil mewarnai jalannya kampanye Partai Gerindra di lapangan Flores, Surabaya, Kamis (27/3/2014) sore.

Peristiwa itu diketahui setelah seorang anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menaiki panggung kampanye dan menegur juru kampanye yang dinilainya melanggar aturan karena menjelek-jelekkan figur partai lain.

Anggota Panwas Kota Surabaya itu menegur Zainal yang diketahui sebagai anggota penasihat Partai Gerindra Kabupaten Sidoarjo. Dalam orasinya, Zainal menyebut nama Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono serta nama Gubernur Jatim Soekarwo yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Jatim.

“Pemerintahan SBY terbukti kerap melakukan korupsi,” teriaknya lantang.

Gara-gara pernyataan menyerang figur dan partai lain itulah Panwaslu menegur sang orator dan meminta agar menghentikan orasi. Sejumlah anggota Panwaslu juga sempat meminta dan menyeret sang orator untuk turun dari panggung.

Ketua Divisi Pengawasan Panwaslu Surabaya Sardiyoko mengatakan, lansir Kompas.com, teguran itu karena sang orator menghasut dan menjelek-jelekkan figur dari partai lain.

“Bahwa kalimat seperti itu yang menjelek-jelekkan, kemudian menghasut, itu tidak boleh dilakukan karena sudah ada ketentuan dalam kampanye,” ujarnya.

Pihaknya membantah menghentikan kampanye, hanya menghentikan jurkam untuk tidak melakukan orasi. Jumat besok Panwaslu akan mengevaluasi kampanye tersebut dan memeriksa panitia penyelenggara. (erny)

Baca Juga :  Protes PDIP di Hongkong hanya raih 52%, Bara JP mengadu ke PBB

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button