Home / Traditional Dress / Karnaval Sambodromo Rio de Janeiro paling heboh se dunia

Karnaval Sambodromo Rio de Janeiro paling heboh se dunia

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Brazil sangat terkenal dengan tarian sambanya. Malah di dunia sepak bola, goyang samba sering dipakai dalam mengolah bola. Lebih-lebih ketika telah mencetak gol ke gawang lawannya.

Sebagai negara yang masih kuat berpegang pada budayanya, Brazil tahu bagaimanakah caranya untuk terus mempertahankan festival berupa Karnaval Rio de Janeiro yang diselenggarakan setahun sekali, sebagai daya tarik wisata.

Sejarah adanya karnaval di Brazil kebanyakan berasal dari ritual perayaan musim semi zaman Roma dan Yunani kuno. Ritual perayaan musim semi merupakan ritual pengucapan syukur, yang dirayakan dengan memakai topeng atau/masker dan kostum. Lalu masyarakat turun ke jalanan dengan memainkan musik dan menari. Konsep Karnaval Rio de Janeiro dibawa oleh bangsa Portugis dan masih dibawa sampai sekarang.

Uniknya saat karnaval berlangsung kelompok bangsawan akan berpakaian seperti masyarakat jelata, laki-laki akan bertukar pakaian dengan perempuan, dan rakyat jelata akan berpakaian seperti bangsawan. Hal ini bertujuan agar perbedaan kelas masyarakat dapat dilupakan selama karnaval berlangsung.

Desfile-lunes-18Akhir abad ke-18 festival diperkaya dengan kompetisi. Masyarakat tidak hanya berkostum tapi juga mereka mengadakan parade yang dilengkapi dengan musik orkestra, drum, dan instrumen lainnya. Sehingga kompetisi ini menjadi atraksi utama Karnaval Rio de Janeiro. Salah satu parade terpenting dalam karnaval ini adalah Samba Parade yang berjalan dari jalanan pusat kota sampai ke Sambodromo.

Melansir panduanwisata.com, The Sambadrome (Sambodromo) adalah stadion samba yang dirancang oleh Oscar Niemeyer dan dibangun pada tahun 1984 khusus untuk karnaval di Rio de Janeiro.  Sambrodomo terletak di daerah yang dipercaya sebagai kelahiran tarian samba, yaitu Marques de Sapucai. Stadion samba tersebut membentang sepanjang 700 meter dari Avenida Presidente Vargas, dekat Praça Quinze, dan berakhir di Rua Frei Caneca.

Baca Juga :  Cara Masyarakat Kabupaten Kupang Menyambut Petinggi Negara

Karnaval Sambodromo diselenggarakan pada bulan Februari setiap tahunnya selamat empat hingga lima hari berturut-turut. Dua hari pertama biasanya diisi dengan kompetisi samba, dimana diikuti oleh 12 sekolah khusus samba. Setiap sekolah samba memiliki jumlah waktu tertentu (90 menit) untuk parade dari satu ujung Sambadromo ke ujung lainnya.  Setiap sekolah menampilkan sekitar 4000 anggota pada kompetisi ini, termasuk 200-400 drummer.

Kompetisi  samba dimulai dengan menampilkan kelompok samba anak-anak sampai remaja pada hari Jumat. Pada hari Sabtu giliran kelompok samba kategori A. Tiket jauh lebih murah untuk kedua kelompok ini. Kelompok samba diatasnya tampil pada hari Minggu dan Senin dengan harga tiket yang jauh lebih tinggi. Pertunjukan dimulai sekitar 20.00 dan berakhir sekitar jam enam pagi keesokan harinya.

Karnaval ini juga membuka kesempatan untuk turis asing untuk berpartisipasi dalam samba parade dengan ikut ke dalam rombongan salah satu sekolah. Jika berminat  Anda harus membayar biaya ekstra untuk kostum. Tidak hanya itu, kita juga harus menyiapkan stamina yang prima karena harus terus bergerak layaknya penari samba dalam parade selama 90 menit.

Hal lain yang harus dipersiapkan sebelum melihat pertunjukkan di Karnaval Sambodromo adalah makanan dan minuman mengingat karnaval ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Untuk Anda yang tidak dapat menikmati makanan cepat saji, disarankan makan terlebih dahulu sebelum datang ke Sambodromo, karena makanan yang dijual kebanyakan adalah fast-food.

Nah, apabila ingin mengunjungi Sambodromo saat musim karnaval hindari menggunakan bus. Hal ini dikarenakan lalu lintas yang sangat ramai dan tidak dapat diprediksikan. Akses transportasi ke Sambodromo di saat musim karnaval ada dua pilihan, yaitu naik subway, turun di Centro atau Praca XI, atau naik taksi. Untuk Anda yang memilih naik taksi, sebaiknya memberi tahu sopir taksi di mana Anda duduk.

Baca Juga :  Vietnam melarang beroperasinya sepeda motor

Saat Anda berkunjung ke Rio de Janeiro sempatkan untuk mengunjungi Petropolis, Museu de Arte Moderna, dan The Theatro Municipal. Jika ingin beristirahat, Anda dapat menginap di Hotel Americano, Aeroporto Othon Travel Hotel, Hotel Pouso Real, dan Rio Nature Hostel. (erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button