Home / Populer / Kembali Korut lakukan peluncuran 30 Rudal Jarak Pendek

Kembali Korut lakukan peluncuran 30 Rudal Jarak Pendek

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Pamer kekuatan militer atau angkatan bersenjata terus dilakukan oleh Korea Utara. Mereka kembali melakukan uji coba rudal jarak pendek. Ironinya, sebanyak 30 rudal diluncurkan hanya dalam waktu 2 jam pada Sabtu ini.

“Korea Utara menembakkan 30 rudal jarak pendek antara pukul 04.00 hingga pukul 06.10 waktu setempat, pagi ini dari pantai timur ke Laut Jepang,” ujar juru bicara Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, seperti dilansir AFP, Sabtu (22/3/2014).

“Rudal-rudal tersebut diperkirakan meluncur sejauh 60 kilometer,” imbuhnya.

Pengamat menyebutkan bahwa Korut meluncurkan 25 rudal dari lokasi yang sama pada Minggu (16/3), yakni dekat pelabuhan Wonsan. Menurut pengamat ini, rudal yang diluncurkan Korut tersebut merupakan rudal jarak pendek Frog dari zaman Soviet, atau tahun 1960-an lalu.

“Ini merupakan ekspresi kemarahan pada latihan militer gabungan,” sebut Profesor Yang Moo-Jin dari University of North Korean Studies.

Aksi Korut ini memicu reaksi keras dari negara tetangganya, Korsel dan juga Amerika Serikat. Kedua negara ini memang tengah menggelar latihan militer gabungan sejak Februari akhir hingga pertengah April nanti.

Menanggapi aksi semacam ini, lansir detik.com, Korsel dan AS meminta Korut untuk menghentikan aksi provokatif yang kiranya bisa memicu ketegangan di Semenanjung Korea. Namun, Profesor Yang memiliki analisa sendiri atas aksi Korut tersebut.

“Korut kelihatannya tengah memutuskan untuk menyingkirkan persediaan rudal lama mereka, sekitar 100 rudal Frog dengan cara meluncurkannya ke lautan untuk menunjukkan kekuatan. Ini hanya provokasi tingkat rendah,” sebutnya.

“Korut tampaknya hendak meluncurkan sisa rudal Frog mereka di masa mendatang,” imbuh Profesor Yang. (erny)

Baca Juga :  Frans Sega, aktor utama kasus di Kemenag NTT jadi tersangka

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button