Home / Populer / KPU diminta pertanyakan kebenaran anggaran kampanye partai

KPU diminta pertanyakan kebenaran anggaran kampanye partai

Bagikan Halaman ini

Share Button

7

JAKARTA, MORAL-POLITIK.COM – Koordinator Divisi Politik Indonesian Corruption Watch Abdullah Dahlan, mengatakan seharusnya KPU mendapatkan konfirmasi lebih dulu bahwa data laporan anggaran kampanye dari setiap partai itu memang benar, sehingga tidak sekedar menerima laporan dana kampanye secara administratif belaka. Jika ternyata identitas penyumbang beralamat fiktif bagaimana unsur pidana?

“Seharusnya KPU menayakan lebih dahulu apakah setiap penyumbang itu asalnya jelas atau cuman fiktif?” kata Dahlan di Jakarta, Senin (3/3/2014).

Abdullah melihat, laporan dana kampanye parpol menjadi tolak ukur. Setidaknya bagaimana sebetulnya manajemen dan tata kelola keuangan sebagai indikator kejujuran dari calon dan parpol peserta Pemilu 2014.

Ia tidak mempersoalkan laporan dana kampanye parpol belum lengkap sehingga harus diperbaiki. Karena memang, pemakaian dana kampanye nanti masuk laporan terakhir, setidaknya sampai H+15 usai pencoblosan 9 April atau 24 April 2014.

“Biar transparan mana dana yang terpakai atau dana yang dilaporkan. Kalau ternyata dana yang terpakai lebih besar, artinya mereka bisa saja tidak melaporkan dana kampanye semuanya ke KPU pada saat 2 Maret kemarin,” tambahnya. (wildus)

Baca Juga :  SBY dinilai sebagai presiden bersaldo nol...

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button