Home / Populer / Menlu Iran penuhi undangan Indonesia, bahas kerjasama perdagangan

Menlu Iran penuhi undangan Indonesia, bahas kerjasama perdagangan

Bagikan Halaman ini

Share Button

9

Menlu Iran MR Mohammad Javad Zarif

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Islam Iran MR Mohammad Javad Zarif, melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada tanggal 6 dan 7 Maret.

Kunjungan Mohammad tersebut atas undangan Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty M Natalegawa. Selama berada di Indonesia, Menlu Iran juga dijadwalkan akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden RI.

“Tadi intinya dalam pembahasan bilateral antara kedua belah pilak kita membahas upaya-upaya peningkatan hubungan bilateral antara kedua negara. Misalnya, peningkatan kerjasama perdagangan, investasi, terutama bagaimana kerjasama ini bisa dikaitkan dengan kerjasama dalam bidang perbankan. Sehingga memungkinkan dapat meningkatkan investasi dan perdagangan antara kedua negara,” kata Menlu Marty Natalegawa di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Dengan populasi sebesar 76 juta jiwa, Iran sangat potensial menjadi tujuan ekspor utama Indonesia baik secara bilateral maupun sebagai negara transit ke kawasan Timur tengah dan Asia Tengah. Produk ekspor-impor Indonesia dan Iran yang saling melengkapi menjadikan hubungan perdagangan kedua negara terjalin dengan baik.

Pada kunjungan tersebut, lansir Kompas.com, RI-Iran juga menghasilkan pembicaraan mengenai kemungkinan kerjasama di bidang teknologi tentang penelitian dan bidang-bidang terkait lainnya.

Marty menambahkan, nanti secara khusus Iran-Indonesia akan meluncurkan yang dinamakan human right dialog antara Iran-Indonesia. Dialog tersebut merupakan dialog dalam bidang konsuler dalam bentuk kerjasama antara kedua negara.

Hingga saat ini, tercatat Indonesia dan Iran telah memiliki 53 dokumen kerjasama bilateral pada tingkat pemerintah. (linda)

Baca Juga :  Fenomena CFD di Kota Kupang, 27/12/2014 (15)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button