Home / Populer / Paus Fransiskus ucap kata “cazzo”, media merasa aneh…!!

Paus Fransiskus ucap kata “cazzo”, media merasa aneh…!!

Bagikan Halaman ini

Share Button

3

ilustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.COM : Ini fakta bahwa masih banyak orang berpandangan seorang pemimpin umat katholik dunia yang bernama Paus Fransiskus itu tak boleh marah, atau mengeluarkan kata kasar walau di Ukraina sana terjadi krisis kemanusiaan.

Jikalau kata-kata itu sebagai ekspresi dari ketidaksukaan Paus terhadap penindasan, ancaman peperangan, tidak menghargai hak azasi manusia sebagai pemberian Tuhan, apanya yang salah? Justru jika Paus diam itu yang salah besar.

Seperti marak diperbincangkan, Paus Fransiskus dalam sebuah sesi pemberkatan mengucapkan kata dalam bahasa Italia artinya brengsek.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Senin (3/3), saat memberikan pemberkatan di Vatikan Fransiskus menyebutkan kata cazzo bermakna kasar (dalam bahasa Inggris yakni f**k). Meski mengoreksi dirinya namun media keburu menangkap kesalahan itu dan rekamannya sudah diunggah ke situs berbagi video Youtube serta menjadi tersohor.

Dalam pidatonya Fransiskus menekankan agar umat manusia menjaga perdamaian dan mendoakan mereka tengah menghadapi konflik seperti yang saat ini terjadi di Ukraina. “Ini harapan saya semua komponen bangsa bisa menoleransi kesalahan dan membangun negara bersama-sama,” ujarnya.

Di tengah-tengah pidatonya dia seharusnya menyebut kata caso dalam bahasa Italia berarti contoh. Namun dia malah menyebut cazzo. Jemaat yang datang bertanya-tanya apakah Paus baru saja mengatakan brengsek atau mereka salah dengar.

Di Internet, lansir merdeka.com, beberapa orang tidak memaafkan kesalahan itu namun sebagian besar mendukung Fransiskus dan mengatakan hal itu menunjukkan Paus masih manusia biasa. Juru bicara Vatikan enggan menanggapi kesalahan lidah tersebut dan memilih diam.

Jadi, persoalannya hanya pada menerjemahkan kata itu ke dalam bahasa Inggris, padahal yang dimaksudkan Paus  dalam bahasa Italia. Lalu siapa yang salah? (erny)

Baca Juga :  Tiap rakyat dapat Rp20 juta, jika berhenti korupsi migas

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button