Home / Populer / Pemerintah Malaysia minta bantuan AS cari MH370

Pemerintah Malaysia minta bantuan AS cari MH370

Bagikan Halaman ini

Share Button

3ilustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Demi segera menguak tabir hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370, pemerintah Malaysia tak malu-malu minta bantuan pemerintah Amerika Serikat.

Secara resmi Pentagon, Jumat (21/3/2014), menyatakan tengah mempertimbangkan permintaan Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein untuk menyediakan peralatan pemantau bawah laut untuk membantu pencarian pesawat Malaysia Airlines yang hilang.

Reuters mengutip pernyataan itu menulis, permintaan dari Hishammuddin disampaikan lewat telepon kepada Menteri Pertahanan Malaysia Chuck Hagel. Menanggapi permintaan tersebut, Hagel mengatakan dia akan memeriksa ketersediaan dan utilitas teknologi bawah laut militer Amerika untuk tugas pencarian semacam, sembari berjanji segera memberi jawaban lanjutan.
www.facebook.com/wsjeurope Data per Kamis (20/3/2014) peralatan yang terlibat pencarian pesawat Boeing 777-200ER milik Malaysia Airlines di Samudra Hindia pada Sabtu (8/3/2014). Samudra Hindia menjadi salah satu lokasi yang disisir untuk mencari titik terang keberadaan pesawat dengan 239 orang di dalamnya itu.

Beragam dugaan, teori, dan spekulasi mewarnai hilangnya pesawat yang seharusnya terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014 dini hari.

Presiden ketiga Indonesia yang juga lebih dulu dikenal dunia sebagai Mr Crack sebagai penghormatan untuk keahliannya di bidang rancang bangun pesawat, BJ Habibie, menduga pesawat meledak di ketinggian 10 kilometer.

Sementara itu, laman Facebook dari Wall Street Journal Europe mengunggah grafis data beragam kendaraan dan teknologi dalam pencarian pesawat tersebut di kawasan selatan Samudra Hindia. Pencarian kini sudah melibatkan tak kurang dari 26 negara.

Adapun peralatan yang dipakai mencari pesawat ini sebelumnya diberitakan telah melibatkan deretan peralatan dengan teknologi tinggi di dalamnya. Sebut saja dua pesawat P-3 Orion milik Australia dan satu unit pesawat yang sama dari Selandia Baru.

Baca Juga :  Jokowi Yang Pidato di KAA, Kok...Ridwan Kamil yang Disebut "Bung Karno Modern"?

Orion, lansir Kompas.com, pesawat buatan Lockheed Martin, pernah digunakan mencari kapal selam yang hilang, tetapi pada hari-hari ini lebih kerap dipakai sebagai pesawat patroli maritim.

Pesawat ini juga dipakai membantu penanganan dampak badai Katrina dan bencana kilang minyak BP Horizon. Sensor dari armada P-3 Orion dapat melacak benda-benda di atas maupun bawah permukaan air.

Pencarian juga melibatkan pesawat P-8 Poseidon milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Pesawat ini adalah modifikasi dari Boeing 737 yang dirancang untuk menjadi pesawat intai dan anti-kapal selam. (linda)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button