Home / Populer / Presiden Suriah dukung Rusia ambil alih Semenanjung Crimea

Presiden Suriah dukung Rusia ambil alih Semenanjung Crimea

Bagikan Halaman ini

Share Button

2Presiden Suriah Bashar al-Assad

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Berbeda dengan Amerika Serikat yang memberikan sanksi kepada Rusia, Suria malah membenarkan pengambilalihan Semenanjung Crimea oleh militer Rusia.

Secara terbuka Presiden Suriah Bashar al-Assad, Jumat (7/3/2014), menilai bahwa pengambilalihan Semenanjung Crimea merupakan “kebijakan yang benar” dariPresiden Rusia Vladimir Putin.

Menurut Assad, masuknya militer Rusia ke Semenanjung Crimea adalah upaya Putin untuk memulihkan keamanan dan stabilitas di Ukraina setelah sebuah kudeta.

Dalam suratnya kepada Presiden Putin, lansir Kompas.com, Assad mengatakan keterlibatan militer Rusia di Ukraina timur berhasil menghentikan upaya kelompok teroris mengambil alih kekuasaan di Kiev.

Ini adalah pernyataan pertama Assad terkait krisis politik di Ukraina dan Crimea. Pernyataan ini dirilis lewat kantor berita Suriah, SANA.

Rusia adalah salah satu sekutu utama Suriah sepanjang konflik bersenjata di negeri itu yang telah menewaskan lebih dari 140.000 orang.

Seperti diketahui, sejak presiden Viktor Yanukovych yang pro-Moskwa terguling, ribuan personel militer bersenjata lengkap membanjiri Semenanjung Crimea, wilayah Ukraina yang sebagian besar penduduknya berbahasa Rusia.

Pasukan yang mengenakan seragam tanpa identitas itu menduduki sejumlah bangunan penting dan mengepung sejumlah basis militer Ukraina di wilayah itu. Meski anggota pasukan itu berbicara bahasa Rusia dan membawa peralatan standar militer Rusia, namun Moskwa membantah telah mengirim militernya ke Crimea. (erny)

Baca Juga :  Plt Gubernur Sumut Ditanya KPK soal Pertemuan di Kantor NasDem

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button