Home / Populer / Yusril : Ada yang aneh dengan keputusan MK tolak gugatan

Yusril : Ada yang aneh dengan keputusan MK tolak gugatan

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

 

JAKARTA, MORAL-POLITIK.COM – Calon Presiden Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Iza Mahendra, masih merasa ada kejanggalan dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait penolakan gugatanya beberapa waktu lalu.

Yusril mengatakan keputusan yang diambil  MK sehingga menolak permohonan gugatannya tetap suatu ihwal yang aneh. Sejatinya MK mengkoreksi kembali permohonan tersebut  bukan membaca kembali apa yang diajukan.

“Bagi saya, putusan MK tetap aneh,” kata Yusril di Jakarta, Sabtu 22/3/2014).

Yusril mengemukakan, tindakan MK dalam hal menyamakan  permohonan gugatannya dengan gugatan Efendi Gasali yang pernah dilayangkan ke MK beberapa waktu lalu semakin memperkuatnya untuk merasakan kejanggalan itu. Hakikatnya konteks gugatan Efendi berbeda dengan konteks gugatan pakar hukum tatanegara itu.

“Apa MK lupa bahwa mereka memeriksa permohonan saya, bukan memeriksa ulang permohonan EG yang gunakan argumen yang jauh berbeda,” cetus Yusril.

Namun menurut Mantan Menteri Sekertaris Negara itu meski keputusan mengenai gugatnya  tidak efesien. Tetap tidak bisa dipungkiri sebab keputusan MK mengenai perihal tersebut telah sah dimata hukum.

“Walau saya harus merasa sedikit kecewa tetap saya akui bahwa putusan itu final dan mengikat,” tandas Yusril.

Sebelumnya  Ketua Majelis Hakim Hamdan Zoelva menyatakan  permohonan Yusril untuk menafsirkan pasal 3 ayat 4, pasal 9, pasal 14 ayat 2, dan pasal 112 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, tidak dapat diterima,

Salah satu  hal pokok dalam isi permohanan gugatan Ketua Dewan Suroh PBB itu yakni mengajukan  agar  pemilu hanya dilakukan sekali dalam lima tahun, sehingga tidak terpisah antara pemilihan anggota legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres).  (Wldus)

Baca Juga :  Ahok koordinasi dengan KPK soal Bus Transjakarta

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button