9

 

JAKARTA, MORAL-POLITIK.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan mulai menyusun  strategi mengawasi penghitungan suara saat pemilu nanti baik di pusat maupun daerah sehingga tidak terjadi kecurangan.

Dewan Syuro PBB (Partai Bulan Bintang) Yusril Ihza Mahendra, menghimbau sebaiknya KPK mulai membuat suatu terobosan baru sebagai bentuk preventif terhadap curangnya perhitungn suara baik di Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah maupun KPU pusat

“Bagusnya KPK sejak sekarang siap-siap untuk intip permainan patgulipat para penghitung sura,“ kataYusril di Jakarta, Rabu (12/3/2014).

Yusril memaparkan pentingnya pengawasan KPK agar kejadian pemilu tahun 1999 tidak terulang kembali. Karena  ihwal tersebut tidak mencerminkan pemilu yang Jurdir

“Sangat membutuhkan pengawasan KPK karena pengalaman pemilu tahun 1999 suara bisa raib begitu saja. Suara A bisa pindah ke suara B sehingga suara B jadi gemuk dengan tiba-tiba. Ini namanya bukan pemilu yang jurdil, tapi pemilu yang curang,” ucapnya.

Pakar Tata Negara itu menambahkan lemahnya integritas pihak otoritas dalam penghitungan suara terhadap politik uang membuat mereka menghalalkan segala cara. Sehingga ihwal tersebut mebutuhkan pengawasan yang extra dari pihak yang berwenang.

“Dibalik ini uang bisa bermain, sehingga permainan patgulipat sangat rapi sampai tidak diketahui oleh publik. ini wajib diawasi,” tambah Yusril. (Wildus)

Baca Juga :  Golkar telah tahu pencapresan Jokowi sebelum deklarasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here