sampah_di_kota_kupang_(2)Foto : Ilustrasi sampah di Kota Kupang

 

 

KUPANG, MORAL-POLITIK.com. Penanganan masalah sampah di Kota Kupang pada akhir-akhir ini semakin baik. Namun pemerintah Kota Kupang harus terus berbenah karena masalah sampah belum teratasi secara keseluruhan.

Anggota DPRD Kota Kupang Jhon F.G. Seran, mengatakan ini kepada Moral-politik.com, di kantor DPRD Kota Kupang, Kamis (15/05/2014).

Ia menilai Dinas Kebersihan harus segera berbenah diri untuk mengatasi persoalan ini. Semua perangkat dinas harus kompak mulai dari kepala dinas sampai pada awak pengangkut sampah. Harus ada kekompakan, keterbukaan dan kejujuran dalam segala hal. Ini yang menjadi kunci utama dalam keberhasilan penanganan masalah.

Selain itu, lanjut Jhon, yang perlu diperhatikan untuk penanganan sampah adalah, peralatan untuk keselamatan kerja. Selama ini awak dinas kebersihan tidak diberi peralatan yang memadai, padahal pekerjaan itu mempunyai resiko paling besar untuk terkena berbagai penyakit., namun awak tidak beri peralatan kerja yang manusiawi untuk menunjang pekerjaan mereka. Selain kondisi  kendaraan yang sudah tua dan sakit sakitan

Selain itu, perlu dipikirkan sosialisasi kepada masyarakat tentangg perilaku membuang sampah juga di sekolah sekolah, kelompak kategorial masyarakat.

“Harus ada komitmen antara pemerintah dan masyarakat tentang pengelolaan persampahan di kota kupang.Selama pemerintah masih terus berpikir bahwa sampah adalah urusan pemerintah semata maka sampai kapanpun tidak akan pernah selesai,” kata Jhon. (Nyongky)

Baca Juga :  Penarikan motor sampah adalah langkah konyol