Home / Populer / Anggota DPRD Kota Kupang : Dishub kerja sama dengan Satlantas

Anggota DPRD Kota Kupang : Dishub kerja sama dengan Satlantas

Bagikan Halaman ini

Share Button

fortunerFoto : Ilustrasi kendaraan

 

KOTA KUPANG, MORAL-POLITIK.com. Belum adanya terminal bongkar muat barang bagi kendaraan besar, maka pemerintah Kota Kupang, dalam hal ini, Dinas Perhubungan Kota Kupang perlu melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) untuk mengatur jam masuk kendaraan besar yang hendak melakukan bongkar muat.

“Secara kewenagan,  Dishub hanya bisa melakukan  pemasangan rambu, sementara untuk penertiban kendaraan besar yang melakukan bongkar muat di dalam kota yang mengakibatkan kemacetan adalah kewenangan polisi. Secara jelas UU Nomor 22 tentang Lalu Lintas sudah mengaturnya sebagai tugas Kepolisian,” katanya.

Menurutnya, masuknya kendaraan besar untuk melakukan bongkar muat pada jam yang aktifitas  sangat tinggi, sering menimbulkan kemacetan di mana-mana. Hal ini sudah banyak menjadi keluhan masyarakat pengguna jalan, sehingga dinas yang bertugas mengatur aktifitas di jalan raya perlu melakukan kerja sama dengan pihak kepolisian, khususnya dari Satuan Lantas.

Selain itu, masalah lain yang sering menjadi persoalan adalah kewenangan dinas perhubungan kota dan provinsi soal pemasangan rambu-rambu karena status jalan. Hal ini juga yang sering menjadi masalah karena kewenangan yang sudah dibagi oleh status jalan, sedangkan jalan-jalan provinsi terletak di jantung Kota Kupang.

“Untuk itu Dishub Kota juga perlu melakukan koordinasi dengan Dishub Provinsi dalam pemasangan rambu.
Bukan cuma itu saja, masalah jalan rusak dalam kota dengan status jalan provinsi juga harus menjadi perhatian dari dinas perhubungan Kota dan Provinsi. Selalu ada koordinasi untuk penanganan jalan rusak yang ada,” kata dia. (Nyongky)

Baca Juga :  Pencopet bertato manfaatkan kampanye HANURA

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button