Home / Populer / Bernadus Benu: Pemkot dilematis tertibkan PKL

Bernadus Benu: Pemkot dilematis tertibkan PKL

Bagikan Halaman ini

Share Button

SONY DSC

 

 
KOTA KUPANG, MORAL-POLITIK.com. Meskipun para pedagang kaki lima (PKL) terus bertumbuh dan sering memanfaatkan lahan yang tidak pada tempatnya, Pemerintah Kota Kupang mengakui dalam penertipan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Kupang, merupakan masalah yang sangat kompleks dan dilematis bagi Pemerintah dalam menanganinya.

Demikian dikatakan Sekretari Daerah Kota Kupang Bernadus Benu kepada wartawan di Kupang, Rabu (16/07/14).

Menurutnya, dilematis bagi Pemerintah dalam menangani PKL, dikarenakan adanya pertentangan antara kepentingan hidup masyarakat dan kebijakan pemerintah yang menimbulkan friksi diantara keduanya. Oleh karena itu pemerintah perlu mengambil kebijakan tanpa merugikan pemerintah dan PKL.

“Faktor pengahmbat dalam upaya penataan PKL antara lain kurangnya, modal, tempat berjualan yang tidak menentu dan adanya regulasi tentang penanganan PKL itu sendiri. Melihat kondisi tersebut maka semua kebijakan pemerintah berdasarkan atas kepentingan masyarakat atau ditujukan untuk kesejahteraan rakyat,” katanya.

Ia mengaku, ada upaya Pemerintah Kota Kupang dalam penataan PKL dengan  adanya Perda nomor 56 tahun 2002 tentang pengaturan tempat usaha dan pembinaan PKL di Kota Kupang. dengan pengaturan tempat usaha PKL adalah untuk mendukung ketertiban kota melalui penataan lingkungan dengan penyedian prasarana dan sarana usaha PKL pada lokasi yang dimungkinkan dan sifatnya sementara.

“Selain tujuan dari pengaturan dan pembinaan usaha PKL adalah memberikan kesempatan usaha selama lokasi yang digunakan masih diizinkan untuk memberikan pendapatan dan kesempatan kerja bagi PKL,’ katanya. (Nyongky)

Baca Juga :  Ahok klarifikasi soal posisi Jokowi sesuai SK Presiden

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button