Home / Sport / Banyak Masyarakat tanggapi salah Perda Ketangkasan

Banyak Masyarakat tanggapi salah Perda Ketangkasan

Bagikan Halaman ini

Share Button

setoFoto : Zeito Ratuarat (kiri)

 

 

 

MORAL-POLITIK.com- Anggota Komisi A DPRD Kota Kupang Melkianus Balle, mengatakan selama ini banyak pihak yang salah penafsiran terhadap penerbitan Perda Permainan Ketangkasan yang diterbitkan Pemkot Kupang. Perda tersebut hanya mengizinkan adanya permainan ketangkasan sebagai hiburan bukan sebagai judi, namun dalam pelaksanaan, pemilik usaha maupun para pihak yang terlibat di dalamnya justru menafsirkannya bahwa dengan hadirnya Perda tersebut, pemerintah melegalkan perjudian.

“Jadi sangat keliru kalau ada anggapan bahwa Perda itu melegalkan judi,” tegasnya.

Karena itu, kata Balle, sangat keliru jika ada pihak yang mendorong agar dalam kasus perjudian itu, Dewan dan Pemkot juga harus diseret untuk ikut bertanggung jawab. Yang harus bertanggung jawab, kata dia, adalah pemilik dan pengelola yang telah mengalihkan arena ketangkasan tersebut sebagai arena perjudian.

“Yang minta Dewan dan Pemkot ikut bertanggung jawab karena mereka belum tahu isi dan substansi dari Perda yang dikeluarkan,” tandasnya.

Senada dengan Balle, anggota Komisi A Zeito Ratuarat, mengatakan Perda yang dibuat merupakan Perda yang mengatur tentang permainan ketangkasan, bukan soal perjudian. Sehingga, jika setelah diberikan izin ternyata disalahgunakan dan dijadikan arena perjudian, maka yang harus bertanggung jawab adalah pemilik dan pelaksana arena permainan ketangkasan terebut.

“Sangat keliru kalau katakan bahwa Dewan dan WaliKota harus bertanggung jawab. Perda yang dibuat adalah Perda Permainan
Ketangkasan,” tegasnya.

Ia malah mempertanyakan kenapa dalam kasus tersebut, hanya para pemain yang ditangkap dan diproses hukum, sedangkan pemilik dan pengelolanya justru tidak disentuh hukum.

“Pemilik dan pengelola sebagai penyelenggara judi yang harus bertanggung jawab,” katanya. (Nyongky)

Baca Juga :  DPW PKB targetkan satu fraksi DPRD NTT

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button