Home / Populer / Hari ini Sidang Perdana Gugatan Pilpres 2014

Hari ini Sidang Perdana Gugatan Pilpres 2014

Bagikan Halaman ini

Share Button

mkFoto : Ilustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.com- Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang diajukan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Gedung MK, Jakarta, Rabu (6/8/2014) pagi.

Berdasarkan jadwal persidangan yang diterima dari pihak Humas MK, permohonan dengan nomor perkara 01/PHPU PRES/XII/2014 akan dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan agenda pemeriksaan perkara (I).

Melansir kompas.com, nantinya, dalam sidang perdana ini, hakim MK akan memberikan masukan terhadap berkas perkara yang sebelumnya telah didaftarkan oleh Prabowo-Hatta. Anggota tim hukum Prabowo-Hatta, Mahendradatta, mengatakan, pihaknya siap memperbaiki permohonan sesuai yang diminta oleh hakim MK.

“Hakim MK itu kan memang ingin membaca sebuah permohonan yang tepat. Kalau memang permohonan kita dianggap tidak tepat dan harus dirombak total, kita rombak,” kata Mahendra saat dihubungi, Selasa (5/8/2014).

Prabowo-Hatta mendaftarkan gugatan ke MK pada Jumat (25/7/2014) karena menuding telah terjadi kecurangan yang masif, terstruktur, dan sistematis di dalam pilpres.

Sebelumnya, saat proses rekapitulasi suara oleh KPU masih berlangsung pada Selasa (22/7/2014) sore, Prabowo sempat menyatakan sikap menarik diri dari pilpres.

Rencananya, Prabowo-Hatta akan hadir langsung dalam sidang perdana kali ini. Mereka akan dikawal oleh puluhan ribu relawan yang juga akan memadati Gedung MK di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Seluruh komisioner KPU juga akan turut hadir.

Sementara itu, Jokowi-JK hanya akan diwakili oleh pengacara yang berjumlah 100 orang. Untuk pengamanan, Polri telah menyiapkan 22.000 personel untuk menjaga sidang perdana ini. Ketua MK Hamdan Zoelva menjamin lembaganya akan menyidangkan perkara dengan sebaik-baiknya dan bebas dari tekanan pihak mana pun. (erny)

Baca Juga :  Kata Fadli Zon, Jokowi Langgar Janji Sudah Biasa

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button