Home / Sains / Inilah tips cegah Ebola

Inilah tips cegah Ebola

Bagikan Halaman ini

Share Button

VIRUS_EBOLAFoto : Ilustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.com- 4 Negara Afrika tengah dilanda wabah Ebola, yakni Liberia, Guinea, Sierra Leonne, dan Nigeria. Sesuai anjuran WHO, karena Indonesia tak berbatasan langsung dengan negara itu, tidak dilakukan pelarangan total perjalanan dan perdagangan. Karena itu ada baiknya tetap berhati-hati atas serangan ebola.

“Bagi warga negara yang karena hal tertentu harus bepergian ke negara berisiko maka WHO menganjurkan agar harus diberi penjelasan yang lengkap dan menyeluruh tentang penyakit ebola dan pencegahannya,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Prof dr Tjandra Yoga Aditama, Rabu (13/8/2014).

Ciri terserang ebola yakni mengalami gejala-gejala antara lain muntah, diare, sakit badan, pendarahan dalam dan luar, dan demam.

Melansir detik.com, mencegah tertular, mungkin saja ada WNI atau diplomat yang bertugas di negara itu mesti hati-hati dan waspada. Berikut 7 tips dari Prof Tjandra.

1. Lebih sering Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Kita tahu bahwa Ebola menular melalui kontak dengan cairan tubuh pasien. Walaupun sudah hati-hati tapi tetap kemungkinan tangan kita tercemar maka mungkin tetap ada. Karena itu maka rajin-rajinlah cuci tangan paakai sabun.

2. Jangan kontak langsung dengan pasien Ebola. Selain pasiennya maka kita perlu membatasi kontak dengan keluarga/kerabat pasien yang baru mengunjungi pasien.

3. Sedapat mungkin hindari proses pemakaman pasien Ebola, khususnya yang ada ritual mencium jenazah, kontak langsung dengan jenazah dll. (erny)

Baca Juga :  Kegelisahan kader yang ber-Islam

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button