Home / Populer / Jokowi ingin ciptakan sebuah tradisi baru

Jokowi ingin ciptakan sebuah tradisi baru

Bagikan Halaman ini

Share Button

jok

 

 

MORLAL-POLITIK.com- Jokowi menyusun Tim Transisi yang bekerja mempersiapkan transisi pemerintahan. Kepada Majalah detik, Jokowi buka-bukaan soal alasan pembuatan tim yang bekerja di Kantor Transisi tersebut. Apa latar belakang dan tujuan Jokowi membangun Tim Transisi sebenarnya?

“Kita ingin menciptakan sebuah tradisi baru dalam politik Indonesia untuk melancarkan proses peralihan dari pemerintahan sekarang menuju pemerintahan yang baru, dari presiden yang sekarang ke presiden yang baru,” kata Jokowi seperti dikutip dari Majalah Detik Edisi 141 yang terbit Senin 11 Agustus 2014 ini.

Tim Transisi nantinya bertugas mempersiapkan kerangka kelembagaan, kerangka kerja kebijakan strategis, dan mengidentifikasi persoalan yang ada di kementerian. Jokowi ingin terus ‘berlari’ begitu dilantik jadi presiden pada 20 Oktober mendatang.

“Ini penting. Sehingga, sewaktu kita masuk, kita bisa langsung bekerja,” kata Jokowi.

“Tidak perlu harus belajar dulu enam bulan, bahkan ada yang belajar sampai setahun, bener itu,” imbuh pria kerempeng ini.

Melansir detik.com, Jokowi lantas menegaskasn Kantor Transisi tak bertugas menyusun kabinet. Kabinet nantinya akan dibahas Jokowi di forum berbeda, pada akhirnya Jokowi sendiri yang akan memutuskan siapa yang akan masuk kabinet.

“Sekali lagi, Kantor Transisi ini bukan menyiapkan kabinet, ndak. Apalagi sampai menyiapkan menteri, tidak. Tidak ada urusannya dengan itu. Itu urusannya di kamar yang lain, dan tidak harus saya sebutkan kamarnya ada di mana. Sekali lagi saya sampaikan, kabinet itu hak prerogatif presiden,” pungkasnya.

Banyak kisah menarik di balik penyusunan Tim Transisi ini. Selengkapnya terkait Transisi Jokowi dapat anda baca di Majalah Detik Edisi 141 yang terbit 11 Agustus 2014. (erny)

Baca Juga :  Polisi juga eksis dengan sepeda di CFD Kota Kupang

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button