Home / Populer / Jonas Salean bentuk WPA di Sepuluh Kelurahan

Jonas Salean bentuk WPA di Sepuluh Kelurahan

Bagikan Halaman ini

Share Button

jonasFoto : Jonas Salean

 

 

MORAL-POLITIK.com- Walikota Kupang Jonas Salean, mengaku untuk mengantisipasi timbulnya kerawanan sosial, khususnya penyebaran HIV/AIDS di Kota Kupang akibat adanya peningkatan urbanisasi dan migrasi masyarakat dari luar, pemerintah telah membentuk sebanyak Sepuluh Warga Peduli AIDS, atau WPA yang tersebar di Sepuluh Kelurahan di Kota Kupang. Sepuluh Kelurahan tersebut antara lain, Kelurahan Liliba, Oebufu, Oepura, Alak, Oesapa Barat, Lasiana, Naikoten Dua, Tuak Daun Merah, atau TDM, Fatululi, dan Kelurahan Oebobo.

“posisi Kota Kupang sebagai pusat Pendidikan, Pariwisata Ekonomi, dan Bisnis di NTT, yang dinilai rawan mengalami penyebaran danpeningkatan HIV AID akibat Migrasi dari penduduk luar daerah,” kata Jonas.

Menurut Jonas Salean, selain membentuk serta melatih Sepuluh WPA di Kota Kupang untuk ikut peduli terhadap bahaya penyebaran HIV AIDS, Pemerintah Kota Kupang juga telah membentuk kelompok Ojek Peduli Aids di Kelurahan Kelapa Lima.

Selain itu Jonas Salean, menjelaskan Pemerintah Kota Kupang selama ini juga terus menggalakan kegiatan sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS bagi masyarakat Kota Kupang, khususnya bagi para pelajar di sekolah, baik dari tingkat SMP, SMA, SMK, maupun Mahasiswa, serta bagi Ibu Rumah Tangga di Posyandu, remaja gereja dan remaja masjid, dan bagi polulasi inti yang terdiri dari Waria, Gay, Pekerja Seks Komersial, dan para pekerja hiburan malam.

Jonas Salean mengaku, dari semua kegiatan Edukasi yang dilakukan melalui sosialisasi tersebut, telah meningkatkan kesadaran warga untuk berkunjung secara mandiri ke Klinik Voluntary Counselling and Testing, atau VCT untuk mendapatkan Pelayanan Konseling dan Testing HIV AIDS. Sehingga, jumlah kasus HIV AIDS yang pada Tahun 2012 hanya ditemukan sebanyak 71 kasus, kini telah mendapatkan peningkatan menjadi 160 kasus yang ditemukan.

Baca Juga :  SBY jadi Presiden karena faktor ganteng dan dukungan media

Dirinya menambahkan, melalui kegiatan Edukasi tentang bahaya HIV AIDS itu, Komisi Penanggulangan AIDS, atau KPA Kota Kupang mendapat predikat oleh KPA Nasional sebagai KPA Pengemban Komunikasi, Informasi, dan Edukasi, atau KIE terbaik Tahun 2013 untuk wilayah Sunda Kecil yang terdiri dari Provinsi NTT, NTB, dan Bali. (Nyongky)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button