Home / Sejarah / Makhluk Cryptid :VEO, hanya ada di Pulau Rinca

Makhluk Cryptid :VEO, hanya ada di Pulau Rinca

Bagikan Halaman ini

Share Button

VEO

MORAL-POLITIK.com- Rinca adalah kepulauan yang berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Sebagai salah satu dari kawasan Taman Nasional Komodo, pulau Rinca merupakan situs warisan dunia milik UNESCO yang dilindungi kelestarian alamnya oleh pemerintah. Namun di balik kekayaan faunanya, pulau ini juga menyimpan teka-teki cryptozoology yang cukup menarik. Adalah Veo, monster bersisik seperti trenggiling yang dilaporkan mendiami pegunungan Rinca. Apa dan bagaimana sebenarnya sosok Veo ini?
 veo3
Makhluk ini pernah disinggung dalam buku karangan Karl Shuker berjudul “The Beasts That Hide from Man: Seeking the World’s Last Undiscovered Animals”. Karl Shuker sendiri adalah seorang ahli zoology, cryptozoologist dan penulis asal Inggris. Ia dikenal karena kontribusinya di bidang cryptzoologi, yaitu disiplin ilmu terhadap makhluk yang belum tersentuh keberadaannya oleh dunia sains.
 veo2
Melansir misterinesia-as.blogspot.com, konon katanya, Kepulauan Rinca adalah rumah bagi makhluk misteri bernama Veo. Hal ini dilaporkan oleh penduduk lokal serta saksi mata lain yang menyebutkan kalau makhluk itu mempunyai tinggi sepuluh kaki dengan sisik memenuhi tubuhnya terkecuali di daerah bagian perut, leher, kaki dan ujung ekor. Kepalanya panjang dan ditumbuhi oleh rambut. Senjata utamanya adalah cakar tajam di kedua kaki depannya. Makhluk ini disinyalir memiliki ukuran sebesar kuda.
 VEO1
Veo adalah makhluk giat malam (noktural) yang tidur pada siang hari dan aktif di malam hari. Mereka memiliki indera pendengaran, penglihatan serta penciuman yang sangat baik. Biasanya Veo menghabiskan waktu di pengunungan dan hanya turun pada malam hari untuk menyantap serangga kecil seperti rayap atau semut. Menurut kesaksian, sesekali mereka pernah melihat Veo di pantai untuk mencari hewan-hewan kecil yang terdampar dibawa oleh gelombang laut.
 Deskripsi Veo kerap dikaitkan dengan trenggiling (manis javanica). Tetapi di masa modern seperti sekarang, tidak pernah diketahui ada trenggiling yang mendekati ukuran seperti yang telah disebutkan oleh para pelapor. Lalu, dari semua ciri-ciri yang telah ditunjukkan, makhluk apakah yang kira-kira Veo itu?
 Manis palaeojavanicus (Trenggiling Raksasa)
Pada zaman Plestosen yang berakhir 10.000 tahun lalu, binatang prasejarah seperti trenggiling raksasa diketahui pernah hidup di kepulauan Jawa dan Kalimantan. Veo diduga merupakan sisa populasi dari zaman yang telah berlalu tersebut, dan kini hidup di rumah baru mereka, yaitu pulau Rinca. Teori ini dianggap sebagai teori yang paling masuk akal.

Baca Juga :  Penumpang pun panik dan histeris (8)
Ankylosaurus
Masih berbicara soal hewan prasejarah, Ankylosaurus merupakan makhluk yang juga dikait-kaitkan dengan sosok Veo. Ankylosaurus memiliki tubuh sepanjang 30 kaki dan mempunyai perlindungan diri semacam cangkang keras di tubuhnya. Hidup pada periode Kretasius 146 hingga 65 juta tahun yang lalu, serta termasuk satu di antara dinosaurus terakhir sebelum terjadinya kepunahan massal di bumi. Meskipun Veo yang dideskripsikan para saksi tidak sebesar Ankylosaurus, tapi ada kemungkinan Veo mempunyai garis keturunan dari spesies Ankylosaurus yang berhasil beradaptasi dan bertahan di era sekarang.
Stegosaurus
Stegosaurus punya arti “kadal beratap”, merujuk pada sisik besar di punggungnya. Jenis dinosaurus herbivora ini hidup di era Jurassic dan menyebar di wilayah Amerika Utara. Memang jika ditilik dari segi geografis, agaknya mustahil penyebaran spesies dinosaurus ini bisa mencapai kepulauan Rinca. Teori ini memiliki kelemahan yang sama seperti teori Ankylosaurus, yaitu masalah penyebarannya di masa lampau yang sangat sempit.
 Misteri memang bisa muncul dari tempat yang tidak disangka. Salah satunya datang dari kepulauan indah yang terletak di Nusa Tenggara ini. Misteri Veo menunggu jawaban untuk bisa dipecahkan oleh para peneliti. Orang-orang skeptis mungkin mencoba untuk menolak keberadaan makhluk ini dan menganggapnya sebagai fiktif belaka, mengemukakan teori tanpa punya landasan. Tetapi, tetap saja hal ini akan selalu menarik sebagai bahan perdebatan.
Apakah Veo merupakan salah satu hewan prasejarah? Atau spesies baru yang belum diklasifikasi? (erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button