Home / Sport / “Masyarakat yakin Jokowi-JK dijegal di DPR”

“Masyarakat yakin Jokowi-JK dijegal di DPR”

Bagikan Halaman ini

Share Button

SIDANG BERSAMA DPD-DPR

 

 

MORAL-POLITIK.com- Survei terakhir Lingkaran Survei Indonesia (LSI), menunjukkan mayoritas masyarakat merasa yakin pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla akan mengalami hambatan dari DPR dalam menjalankan pemerintahan mendatang. Sebanyak 45,60 persen responden menjawab yakin bahwa DPR akan menghambat Jokowi jika mayoritas diisi oleh koalisi pendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

“Mereka yang menjawab tidak yakin hanya 31,09 persen, sisanya menjawab tidak tahu sebanyak 23,32 persen,” kata Peneliti LSI Rully Akbar saat merilis hasil surveinya Kantor LSI, Jakarta Timur, Kamis (28/8/2014) siang.

Melansir kompas.com, Rully menilai keyakinan publik yang tinggi ini disebabkan oleh persaingan antara Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta yang panas pada pemilu presiden lalu. Bahkan, kata dia, hawa persaingan itu masih terasa hingga sekarang.

“Publik khawatir Jokowi-JK mejadi presiden yang lumpuh karena mayoritas parlemen dikuasai oleh Koalisi Merah Putih. Programnya macet di parlemen,” kata Rully.

Oleh karena itu, Rully menilai wajar apabila Jokowi-JK saat ini terus melakukan pendekatan kepada partai-partai yang tergabung dalam koalisi merah putih.

Meski awalnya ingin membangun koalisi yang ramping, namun mau tidak mau Jokowi-JK memang harus membutuhkan kekuatan yang lebih besar di parlemen.

Survei ini dilakukan pada 24-26 Agustus 2014. Jumlah responden sebanyak 1200 orang dengan metode multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 2,9 persen. Survei dibiayai sendiri oleh LSI.

(erny)

Baca Juga :  Walikota Kupang akan gelar mutasi pejabat

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button