Home / Populer / Presiden SBY: Tidak semua persoalan di Timur Tengah soal Agama

Presiden SBY: Tidak semua persoalan di Timur Tengah soal Agama

Bagikan Halaman ini

Share Button

Indonesian President Susilo Bambang Yudhoyono speaks at a news conference at the presidential office in JakartaPresiden SBY

 

 

MORAL-POLITIK.com- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyadari bahwa pergolakan yang terjadi di Timur Tengah selalu mengundang simpati besar masyarakat Indonesia. Namun, Presiden mengingatkan bahwa tidak semua persoalan di Timur Tengah dilatarbelakangi persoalan agama.

“Saya harus sampaikan, tidak semua persoalan yang terjadi di Timur Tengah itu persoalan agama. Banyak juga konflik di sana sesama beragama,” ujar Presiden SBY saat membuka rapat terbatas di kantor presiden, Senin (4/8/2014).

Dalam rapat kali ini, Presiden membahas sejumlah isu baik di dalam mau pun luar negeri. Salah satu isu luar negeri yang disorot Presiden adalah soal pengaruh Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang mulai masuk ke Indonesia.

ISIS awalnya melakukan ekspansi pengaruhnya di kedua negara itu untuk mendirikan kekhalifahan Islam. Untuk mendirikan kekhalifahan Islam itu, ISIS menghalal cara-cara kekerasan hingga perampokan dan pembunuhan. Saat ini, pengaruh ISIS mulai meluas ke negara-negara lain termasuk Indonesia.

Presiden mengingatkan agar masyarakat tidak keliru dalam melihat konflik yang terjadi di Timur Tengah saat ini. “Kalau menyimpulkan bahwa Islam melawan non-Islam dan Islam melawan barat itu keliru. Yang jelas, negara bertanggung-jawab selamatnya negara dan warga negaranya,” kata dia.

Presiden menekankan bahwa setiap negara harus bersikap atas pengaruh ISIS itu agar tidak membuat masyarakat terombang-ambing. Dia menegaskan bahwa setiap negara memiliki sistem, Undang-undang, dan kebijakan masing-masing. (erny)

Baca Juga :  Jika menikah nanti, Berapa Anak yang diimpikan Musisi Sasando ini?

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button