Home / Populer / SBY berterima kasih kepada Xanana soal kerja sama

SBY berterima kasih kepada Xanana soal kerja sama

Bagikan Halaman ini

Share Button

nana

 

 

MORAL-POLITIK.com- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkapkan bahwa kepercayaan dan dialog adalah kunci untuk mengatasi konflik. SBY mengambil contoh hubungan Indonesia dan Timor Leste yang kini sudah bisa bekerja sama.

Strategic trust itu tidak mudah, butuh keberanian. Inilah mengapa Indonesia dan Timor Lesta bisa menjadi salah satu mitra yang terbaik,” kata SBY saat berpidato di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (29/8/2014).

Pidato ini ia sampaikan di Pembukaan Forum Global Aliansi untuk Peradaban atau Global Forum United Nations Alliance of Civilizations (UNAOC) ke-6. Perdana Menteri Timor Lesta Xanana Gusmao hadr di acara ini.

SBY berterima kasih pada Xanana atas kemitraan tersebut. Ia menuturkan bahwa kerjasama antara keduanya bisa menjadi contoh dari negara-negara lain di dunia. Sebelum ke Bali, SBY memang berkunjung ke Timor Leste.

“Jika Indonesia dan Timor Leste dapat mengatasi masalah masa lalu, negara yang lain pun bisa,” ucapnya.

SBY menyoroti radikalisme dan terorisme yang muncul di berbagai belahan dunia. Hal ini menjadi perhatian Indonesia sebaai negara penduduk Islam terbesar. SBY mencontohkan bagaimana Indonesia menyelesaikan konflik di negara ini dengan mengutamakan dialog.

“Kami mengutamakan rekonsiliasi di Aceh, Poso, dan Papua,” tuturnya.

UNAOC sendiri ditujukan untuk utamanya menjembatani jurang antar peradaban, termasuk antara Islam dan Barat. Forum ini juga dihadiri oleh Sekjen PBB Ban Ki-Moon, Wakil PM Turki Besir Atalay, dan Menlu Spanyol Jose Manuel Garcia Margallo. Ada pula Presiden UN General Assembly ke 68 John W Ashe, High Representative of UNAOC, dan Menlu RI Marty Natalegawa.
(erny)

Baca Juga :  Ruhut: Hasil 'Tour de Java', Rakyat Minta Ani Yudhoyono Maju Capres!!

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button