Home / Populer / Simpulan KPU atas Sidang Gugatan Prabowo di MK

Simpulan KPU atas Sidang Gugatan Prabowo di MK

Bagikan Halaman ini

Share Button

kpiFoto : Ilustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.com- Proses pemeriksaan saksi di MK telah selesai. Alat bukti dari tiga pihak juga sudah disahkan. KPU memiliki kesimpulan terhadap seluruh proses persidangan di MK. Apa?

“Kami menyampaikan kesimpulan bahwa proses rekapitulasi yang dilakukan KPU sudah benar, karena tidak ada keberatan yang diajukan saksi pemohon (Prabowo-Hatta) maupun saksi nomor dua terkait baik tingkat TPS, kabupaten ataupun provinsi,” kata kuasa hukum KPU Ali Nurdin di gedung MK Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Melansir detik.com, kedua, proses pemilu yang dilaksanakan penyelenggaran KPU sudah berlangsung jujur, adil dan transparan. Tidak betul proses pemilu ini cacat hukum sebagaimana tuduhan Prabowo-Hatta.

“Hal ini dikuatkan dengan surat dari Bawaslu nomor 09 tanggal 22 Juli bahwa Bawaslu memberikan apresiasi kepada KPU karena telah melaksanakan pemilu, secara transparan jujur dan adil,” ujarnya.

Ketiga, tidak ada satupun pelanggaran terstruktur, sistematis dan masif seperti dalil Prabowo-Hatta. Tidak ada bukti-bukti yang menunjukan adanya keterlibatan anggota KPU dalam melakukan pelanggaran tersebut.

“Kalaupun ada kasus yang melibatkan KPPS misalnya, itu sifatnya lokal dan sudah ditindaklanjuti oleh KPU setempat. Itu sudah diporses dan diberhentikan,” tegasnya.

“Jadi semua rekomendasi Bawaslu itu sudah ditindaklajuti. Dengan demikian tidak ada pelanggaran terstruktur, sistematis dan masif,” imbuhnya.

Kesimpulan KPU dituangkan dalam 1.825 halaman. Kesimpulan itu untuk menguatkan dalil yang sudah disampaikan sebelumnya. MK akan memutuskan hasil putusannya pada Kamis (21/8) lusa. (erny)

Baca Juga :  Patrice Rio Capella Divonis 1,5 Tahun Penjara

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button