Home / Populer / Tim Hukum Jokowi-JK serahkan Kesimpulan 54 halaman ke MK

Tim Hukum Jokowi-JK serahkan Kesimpulan 54 halaman ke MK

Bagikan Halaman ini

Share Button

sidangFoto : Ilustrasi

 

 

 

MORAL-POLITIK.com- MK hari ini tak menggelar sidang kelanjutan Perkara PHPU Pilpres 2014 yang diajukan Prabowo-Hatta. Para pihak, yakni Prabowo-Hatta, KPU dan pihak terkait, pasangan Jokowi-JK, masing-masing menyerahkan berkas kesimpulan sebagai bagian akhir dari seluruh proses persidangan sebelum kemudian Majelis Hakim membacakan putusannya.

Salah seorang kuasa hukum Jokowi-JK, Ridwan Darmawan, menjelaskan bahwa berkas kesimpulan setebal 54 halaman tersebut berisi tentang garis-garis arahan atau semacam resume keseluruhan dari proses persidangan sejak mulai awal hingga akhir kemarin.

“Sistematikanya tentu saja sesuai dengan hukum acara praktik kebiasaan di MK ya. Dia berisi tentang gambaran umum pokok permohonan pemohon, kemudian diperdalam mengenai dalil-dalil permohonan pemohon apakah terbukti atau tidak dipersidangan,” ujar Ridwan kepada detikcom, Selasa (19/8/2014).

Melansir detik.com, jadi pada intinya, dari pihak terkait, hanya menegaskan kembali apa yang telah diuraikan dalam keterangan pihak terkait, kemudian menambahkannya dengan membantah klaim-klaim sebagaimana dalam permohonan pemohon bahwa semua itu tidak terbukti. Hal ini didasarkan dari kesaksian para saksi yang dihadirkan pihak terkait dan juga termohon serta ahli dan juga alat bukti.

“Klaim permohonan pemohon salah satunya terkait pelanggaran TSM, sama sekali pemohon tidak mampu membuktikannya. Padahal kita tahu asasnya jelas, siapa mendalilkan, dialah yang harus membuktikan. Oleh karenanya kami berharap majelis Hakim mahkamah dapat mengesampingkan permohonan pemohon untuk seluruhnya dan tentu saja semua putusan apapun kita serahkan kepada mahkamah,” tutup Ridwan. (erny)

Baca Juga :  Natal di Kota Kupang untuk lihat Sapi...?

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button